Binatang-Binatang Ini Bisa Mengembangkan Tubuhnya Seperti Bola

in
Binatang-Binatang Ini Bisa Mengembangkan Tubuhnya Seperti Bola

Setiap hewan punya caranya sendiri untuk bertahan hidup, menghindari dirinya dari serangan predator lain. Mereka juga punya cara yang unik, salah satunya membuat tubuhnya hingga membesar. Penasaran? Langsung aja yuk disimak!

Inilah, 5 binatang yang bisa mengembangkan tubuhnya seperti bola

1. Ikan Buntal atau Pufferfish

Ikan buntal atau Pufferfish masuk ke dalam spesies ikan vertebrata yang merupakan famili tetraodontidae. Ikan ini memiliki toksin mematikan. Jika dirinya merasa terancam, Pufferfish bakalan membesarkan tubuhnya hingga maksimal dan membentuk balon berduri.

2. Kori Bustard

Kori Bustard
Kori Bustard | www.hbw.com

Hewan asli dari Tanzania, Afrika ini merupakan burung terberat di dunia. Dan memiliki cara bertingkah laku yang unik. Saat musim kawin, burung kori jantan akan mengeluarkan suara dentuman dentuman benada rendah dan diselingi dengan mengembangkan kerongkongannya 4 kali lipat dari ukuran awal.

3. Katak tebu

Katak Tebu
Katak Tebu | sains.kompas.com

Hewan ini ditemukan di daerah Australia, Filipina dan Amerika. Hati hati guys! Jika menemukannya, jangan asal disentuh, karena katak ini memiliki racun pada kulitnya. Katak tebu betina dapat menghasilkan 8-35 ribu telur sekaligus dalam sekali pembuahan. Katak jantan akan menggelembungkan dirinya saat musim kawin agar membuat pembuahan nya berjalan dengan baik.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Hewan Juga Berkeringat Seperti Manusia?

4. Beberapa Jenis Anjing Laut

Anjing Laut
Anjing Laut | idntimes.com

Anjing laut juga ada yang mengembangkan moncongnya pada musim kawin loh guys! Seperti anjing laut Hoodedseals atau anjing laut bertudung. Hanya Hoodedseals jantan yang mengembangkan moncongnya ketika musim kawin, sedangkan yang betina tidak, karena tidak memiliki membran sebesar jantannya.

5. Siamang

Habitat Siamang ditemukan di Malaysia, berlaku panjang dan hewan ini sangat dilindungi karena terancam punah. Siamang berkomunikasi dengan mengembangkan lehernya, nada suaranya terdengar berisik dan keras karena mereka bisa berkomunikasi dalam jarak yang berjauhan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini