Hewan-Hewan Ini Punya Umur Yang Panjang

in
Ubur Ubur Turritopsis
Hewan-Hewan Ini Punya Umur Yang Panjang | Source: sains.me

Apa kalian penasaran berapa lama hewan dapat bertahan hidup? Atau masih penasaran dengan hewan yang mampu hidup lebih lama dari manusia?

Nah, ada beberapa hewan yang hidup lebih lama dua kali lipat dibanding umur gajah afrika, bahkan ada satu hewan yang bisa menghindari kematian.

6 hewan yang punya umur panjang

1. Kura-kura Raksasa Galapagos (152 tahun)

Kura Kura Raksasa Galapagos
Kura-kura Galapagos | source

Dari berbagai jenis kura-kura yang ada, ada spesies kura-kura raksasa yang dapat bertahan hidup lebih dari seratus tahun. Namanya adalah Kura-kura Galapagos.

Kura-kura Galapagos pertama kali ditemukan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1535. Bahkan kura-kura ini disebut ilmuwan mampu hidup hingga 152 tahun.

Umurnya yang lebih lama dari pada rata-rata umur kura-kura pada umumnya, membuat kura-kura ini dapat tumbuh sampai panjang 1,5 meter dan berbobot hingga 225 kilogram lebih.

2. Paus Bowhead (200 tahun)

Paus Bowhead
Paus Bowhead | source

Paus Bowhead atau paus kepala busur (Balaena mysticetus) merupakan paus besar dari keluarga Balin dengan Mysticeti. Paus ini dinamakan demikian karena memiliki ciri khas bertengkorak panjang.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan di Australia

Laut Kutub Utara dan Greenland menjadi rumah bagi paus Bowhead, hewan ini memiliki umur hingga 200 tahun lebih. Fakta ini menjadikan Bowhead sebagai mamalia dengan umur terpanjang.

Berat dari paus ini dapat lebih dari 200,000 pounds dan panjang dari paus ini dapat lebih dari 60 kaki. Ilmuwan bahkan mencatat bila paus Bowhead bisa hidup sampai ratusan tahun tanpa terkena penyakit.

Mungkin satu-satunya penyebab eksternal paus ini mati adalah diburu manusia dan paus Orca.

3. Hiu Greenland (400 tahun)

Hiu Greenland
Hiu Greenland | Source

Jika ikan hiu biasanya hidup selama kurun waktu 20 sampai 30 tahun. Tetapi berbeda dengan Hiu Greenland ini, ia mampu hidup sampai 400 tahun lamanya. Hiu ini lantas disebut sebagai hewan vertebrata (bertulang belakang) dengan umur terlama.

Hiu greenland disebut-sebut sebagai vertebrata paling panjang umur di dunia saat ini. Hiu greenland juga termasuk salah satu hiu terbesar di muka bumi yang masih hidup dan memiliki daya tahan hidup di tengah suhu air yang ekstrim.

ARTIKEL TERKAIT •
Paus Sperma Mati Terdampar dengan 100 kg Sampah Di Perutnya

Hiu greenland memiliki panjang tubuh 6,4 m (21 ft) dengan berat tubuh 1000 kg (2200 pon). Hiu greenland jantan relatif lebih kecil daripada hiu greenland betina.

Hiu Greenland adalah pemangsa yang makanan utamanya terdiri dari ikan-ikan kecil, udang, bahkan tidak jarang mereka memangsa sesama (kanibalisme).

4. Kerang Islandia (507 tahun)

Ming Quahog
Kerang islandia | source

Di tahun 2006 lalu, ilmuwan menemukan spesies kerang dengan umur terpanjang di dunia ketika melakukan ekspedisi ke Islandia. Sebelum mati, kerang spesies Arctica islandica ini diklaim berumur 507 tahun.

Kerang ini oleh ilmuwan diberi nama ‘Ming’. Nama ini diambil dari era Dinasti Ming di China yang muncul bersamaan dengan lahirnya si kerang.

Untuk mengetahui umur si kerang, ilmuwan meneliti banyaknya garis-garis guratan di cangkangnya.

5. Ubur-Ubur Turritopsis (dapat hidup abadi)

Ubur Ubur Turritopsis
Ubur-Ubur Turritopsis | source

Menurut ilmuwan ubur-ubur ini dapat menghindari maut, Turritopsis dohrnii. Ubur-ubur yang hidup di laut Mediterania ini mempunyai siklus hidup yang bernama ‘transdifferentiation’ yang membuatnya hidup abadi.

Siklus ini membuat ubur-ubur Turritopsis yang sudah dewasa tidak mati, melainkan berubah menjadi polip yang nantinya akan tumbuh menjadi ubur-ubur, begitu seterusnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Meskipun abadi, ubur-ubur ini mungkin masih bisa mati karena serangan predator lain mengingat ukurannya yang kecilnya (hanya 4,5 milimeter). Hewan ini menggunakan tentakelnya yang bisa mencapai 90 buah tentakel untuk memangsa telur ikan dan plankton.

Berikan Nilai Untuk Konten ini