7 Kesalahan Dalam Merawat Kucing, Jangan Sampai Kamu Lakukan Ya

in
Kesalahan Dalam Merawat Kucing
Kesalahan Dalam Merawat Kucing

Banyak yang mengira cara merawat kucing sangatlah gampang. Mereka menganggap hanya dengan memberi makan dan minum saja, serta mengajaknya bermain itu sudah membuat mereka menjadi ahli dalam merawat kucing.

Akan tetapi, ternyata merawat kucing bukan hanya perihal memberi makan, minum dan mengajaknya bermain saja. Jadi banyak orang yang melakukan kesalahan dalam merawat kucingnya. Apa saja kesalahan dalam merawat kucing? Simak rinciannya di bawah ini.

1. Menutup pintu

Kucing Membuka Pintu
Kucing Membuka Pintu | via https://kids.grid.id/

Kucing adalah hewan yang periang, jadi mereka membutuhkan kebebasan dan ruang terbuka untuk bermain. Jadi jika semua pintu tertutup, maka dia merasa tidak bebas. Maka dari itu, saat kita menutup pintu kucing akan mencoba membuka pintu dengan sendiri menggunakan tangannya. Mereka sedang mencoba menguasai wilayahnya.

Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

2. Menghukumnya jika buang air sembarangan

Memarahi Kucing
Memarahi Kucing | via https://jogja.tribunnews.com/

Ketika kita tahu kalau kucing peliharaan kita berhenti menggunakan tempat buang airnya dan memilih lokasi lain untuk buang air, tentu membuat kita kesal. Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa itu menjadi pertanda dia marah kepada kita, lho. Kalau bisa kamu harus tahu sebab mengapa dia melakukan itu.

ARTIKEL TERKAIT •
8 Minuman Dan Makanan Ini Sangat Berbahaya Untuk Kucing

Pada umumnya, kucing akan membuang air sembarangan jika ada orang baru atau kucing baru di rumah serta jika pindah ke rumah baru. Karena itu kita jangan menghukum kucing, seperti memukul atau tidak memberinya makan. Yang perlu kita lakukan adalah menunggunya tenang.

3. Satu tempat untuk banyak kucing

Menyatukan Kucing Di Tempat Yang Sama
Menyatukan Kucing Di Tempat Yang Sama | via http://www.petnyaku.com/

Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, misalnya ada tiga atau empat. Kamu harus mampu mengatur tempat istirahat mereka. Usahakan untuk tiap kucing memiliki satu set barang-barang pribadinya. Seperti tempat tidur, mangkok, tempat buang air, atau mainan.

Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Kucing Kampung

Jika kamu tidak melakukannya, maka kucing yang jago akan mencoba mendominasi sehingga membuat mereka saling bertengkar.

4. Menyimpan makanan kucing selain pada tempat kemasannya

Menyimpan Makanan Kucing Selain Pada Tempatnya
Menyimpan Makanan Kucing Selain Pada Tempatnya | via https://blog.dodomama.com/

Tiap kemasan kucing telah dirancang sebaik mungkin agar dapat menjaga makanan tetap baik dan tidak kehilangan gizinya. Maka dari itu jangan sesekali menyimpan makanan kucing ke tempat lainnya. Seperti di kantong plastik eceran, atau botol air minum.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

5. Memotong kuku kucing

Memotong Kuku Kucing
Memotong Kuku Kucing | via https://infobinatang.com/

Sebagian orang menyebutkan memotong atau mencabut kuku kucing sangat berdampak tidak bagi kucing itu sendiri. Kucing akan merasakan sakit saat berjalan. Selain itu, dia juga akan sulit untuk lompat atau memanjat pohon lagi. Maka jangan ya memotong kuku kucing, kalau sudah panjang, potong sedikit saja.

6. Tidak menghiraukan dengkuran kucing

Kucing Mendengkur
Kucing Mendengkur | via https://www.winnetnews.com

Kucing yang mendengkur terus menerus menandakan dia sedang mengalami masalah pada sistem pernafasannya. Selain itu, terdapat luka pada indera penciumannya, dan mulutnya yang terbuka terus menandakan dia sulit bernafas dengan baik.

Jika ini terjadi, disarankan langsung membawanya ke dokter hewan untuk segera diperiksa lebih lanjut.

7. Mencukur bulu kucing

Mencukur Bulu Kucing
Mencukur Bulu Kucing | Youtube

Kucing akan merasa stres jika bulunya dicukur. Mencukur bulu kucing jika benar-benar diperlukan, seperti saat bulunya rontok atau saat keperluan operasi. Jika ingin mengatasi bulunya yang rontok, kamu harus rajin memandikan dan menyisir bulunya.

Karakter Yang Dimiliki Cewek Pecinta Kucing

Kucing akan mudah kepanasan saat berbaring menghadap sinar matahari dan mudah kedinginan saat kena angin malam.

ARTIKEL TERKAIT •
Ada yang Miliyaran Rupiah, Berikut 6 Kucing Termahal di Dunia!

Itulah kesalahan-kesalahan dalam merawat kucing. Jika kamu sangat menyayangi kucingmu, jangan sampai berbuat kesalahan ya dalam merawatnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.