Walaupun Sehat Bagi Tubuh, Tapi Sayuran dan Minuman Ini Bisa Bikin Perut Kembung

in ,
Makanan Dan Minuman Yang Membuat Perut Mudah Kembung
Makanan Dan Minuman Yang Membuat Perut Mudah Kembung

Gejala perut kembung adalah dimana kondisi perut terasa mual dan penuh. Tentu ini sangat membuat kita tidak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. Diantara penyebab perut menjadi kembung adalah makan yang berlebihan, makan terlambat, atau makan makanan banyak lemak.

Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa perut kembung bisa disebabkan oleh sayur-sayuran, lho. Kok bisa, padahal sayur-sayuran kan termasuk ke jenis makanan kaya akan manfaat?

Tidak semua sayuran ya, ada beberapa sayuran dan buah serta minuman yang dapat membuat gas di dalam perut berlebih. Berikut adalah beberapa sayuran, buah, dan minuman yang mengakibatkan perut kembung.

1. Kubis, brokoli, dan kol

Sayur Kubis
Sayur Kubis | via https://www.cnnindonesia.com/

Ternyata sayur-sayuran seperti kubis, brokoli, dan kol bisa menyebabkan perut menjadi kembung, lho. Karena kandungan raffinose, yaitu zat gula yang semestinya difermentasi oleh bakteri pada usus karena tidak mudah untuk dicerna.

Lantas, apakah kita tidak boleh mengkonsumsi ketiga sayuran sehat ini? Boleh, tetapi jika kamu memiliki masalah pada pencernaan, disarankan untuk menghindarinya terlebih dahulu.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahan-Bahan Makanan Yang Kulitnya Seharusnya Tidak Dikupas

Sebaiknya Menghindari Makanan Ini Ketika Perut Sedang Kosong

Tetapi jika pencernaan mu tidak ada masalah, boleh-boleh saja mengkonsumsinya. Ya dengan kadar secukupnya saja ya, jangan sampai berlebihan. Selain dengan cara direbus, kamu juga bisa mengolahnya dengan cara dikukus untuk melunakkan serat pada sayuran ini.

2. Kacang polong

Kacang Polong
Kacang Polong | via https://www.dream.co.id/

Apakah kamu suka makan kacang polong? Dan apa yang kamu rasakan? Baik-baik saja atau perut jadi kembung?

Nyatanya kacang polong bisa memproduksi gas secara berlebih. Karena kacang polong ini dicerna oleh bakteri usus besar yang kemudian membuahkan gas. Agar tidak mengalami gejala perut kembung, usahakan membatasi mengkonsumsi makanan ini.

Menurut pakar nutrisi Joanne L. Slavin, PhD yang dilansir dari Hellsoehat.com, sebaiknya asupan serat juga mesti dibarengi dengan asupan cairan yang cukup, karena serat bisa menyerap air.

3. Susu

Susu
Susu | via https://health.detik.com/

Susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi bagi tubuh kita. Namun ternyata susu bsai mebuat perut menjadi kembung juga. Hal ini karena di dalam susu terdapat kandungan Laktosa. Tetapi tidak semua orang mudah mengalami kempung ketika mengkonsumsi susu.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menetralisir Racun Di Dalam Tubuh

Orang-orang yang memiliki masalah pada laktosanya akan lebih mudah mengalami perut kembung ketika minum susu. Karena saat proses pencernaan laktosa, akan menghasilkan gas berlebih.

4. Apel

Buah Apel
Buah Apel | via https://cantik.tempo.co/

Buah yang satu ini merupakan buah favorit bagi orang-orang. Rasanya yang manis dan mudah didapatkan membuat buah apel banyak dikonsumsi.

Bukan Hanya Pertanda Lapar, Ketahui Penyebab Lain Yang Membuat Perut Berbunyi

Akan tetapi ternyata buah apel menghasilkan sorbitol dan fructose. Kedua zat ini bisa menghasilkan gas yang berlebih pada perut. Selain buah apel, ada juga buah persik dan pir.

Yang terpenting adalah tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya ya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.