Bukan Hanya Pertanda Lapar, Ketahui Penyebab Lain Yang Membuat Perut Berbunyi

in ,
Penyebab Perut Bunyi
Penyebab Perut Bunyi

Kebanyakan orang menganggap saat perut berbunyi keras secara tiba-tiba itu menandakan perut sedang sangat lapar. Namun, setelah kita makan pun perut tiba-tiba berbunyi juga. Apa itu menandakan kita belum kenyang juga?

Perut yang berbunyi terkadang membuat kita malu, terlebih disaat sedang berada di dalam ruangan yang sunyi, seperti perpustakaan atau ruangan kerja. Hal tersebut membuat kita kadang menyamarkan suaranya, dengan bantuan suara batuk atau membunyikan benda di sekitar kita.

Memang salah satu penyebab yang membuat perut berbunyi adalah karena perut kita yang sedang keroncongan. Akan tetapi, hal itu bukan hanya menandakan kita hanya lapar saja.

Lantas, apa saja penyebab yang membuat perut berbunyi tak karuan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Makanan sedang diproses menuju keluar oleh sistem pencernaan

Proses Pencernaan Makanan
Proses Pencernaan Makanan | via Shutterstock

Perut yang berbunyi secara tiba-tiba ada hubungannya dengan fungsi sistem pencernaan tubuh. Makanan yang kita konsumsi akan masuk melalui mulut dan berakhir di anus. Makanan diproses melalui proses yang sangat panjang.

4 Makanan Sehat Yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

Sistem pencernaan serupa seperti tabung panjang yang menghubungkan berbagai saluran dan organ yang memiliki peran vital bagi pencernaan. Fungsi pencernaan tubuh adalah mendorong makanan yang dikonsumsi melalui proses pencernaan tubuh.

Gelombang kontraksi otot bergerak dan mendorong makanan yang dikonsumsi melalui sistem pencernaan ini dinamakan proses keluarnya makanan. Proses kontraksi otot ini disebut sebagai proses peristaltik.

Bukan hanya mendorong makanan ke luar saja, proses ini juga berfungsi sebagai pengaduk makanan dan cairan yang dikonsumsi menjadi satu. Buah dari pengadukan ini yang akan menghasilkan campuran lengket yang disebut chyme.

2. Adanya proses pengadukan makanan dan cairaan pada tubuh

Adanya Proses Pencampuran Makanan Dan Cairan
Adanya Proses Pencampuran Makanan Dan Cairan | via https://www.liputan6.com/

Dan penyebab lainnya perut berbunyi adalah karena adanya proses pengadukan makanan dan cairan yang sampai akhirnya menghasilkan sebuah campuran lengket yang dikenal dengan sebutan chyme.

Karena semua bahan-bahan yang masuk ke dalam perut ini terdorong dan hancur menjadi potongan-potongan kecil supaya mudah untuk diserap, gas dan kantong udara pun akan ikut terdorong.

Makanan Yang Sudah Dihinggapi Lalat, Aman Tidak Ya?

Itulah yang menyebabkan perut berbunyi yang sering kita dengar. Dan perlu diketahui gerakan ini dapat terjadi kapan saja.

Sekarang kita mengetahui apa saja penyebab yang membuat perut bisa berbunyi. Yaitu karena adanya gerakan peristaltik. Sehingga membuat perut bisa berbunyi kapan saja.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.