Selain Semut, Inilah 6 Hewan Unik Terkecil Di Dunia

in
Bukan Hanya Semut, Ini 9 Hewan Terkecil Di Dunia
Bukan Hanya Semut, Ini 9 Hewan Terkecil Di Dunia | Source: tahupedia.com

Bumi merupakan tempat tinggal berbagai macam spesies hewan maupun tumbuhan. Ada banyak spesies hewan yang belum ditemukan tentunya. Mulai dari hewan yang lucu, unik dan menggemaskan.

Begitu banyak hewan didunia yang terkenal karena umurnya, racunnya, bahkan jenis-jenisnya yang unik. Jika berbicara hewan unik, ada beberapa hewan yang terbilang unik karena memiliki bentuk yang kecil selain semut.

Berikut Adalah 6 Hewan Terkecil Di Dunia

1. Pygmy Jerboa, Tikus

Pygmy Jerboa
Source

Spesies tikus terkecil di dunia ini dikenal dengan sebutan Pygmy Jerboa. Kaki belakang hewan ini lebih panjang daripada kaki depannya, dan membuatnya menyerupai kangguru.

Hewan ini juga dapat berkali sejauh 15 mil per jam. Sama seperti tikus lain, mereka juga menggunakan ekor nya untuk keseimbangan.

2. Paedocypris Progenetica, Ikan

Paedocypris Progenetica Ikan
Source

Ikan yang sangat kecil dengan panjang 7,9 milimeter (mm) ini adalah asli Indonesia yang ditemukan di Sumatera. Ia memiliki tubuh transparan dan sangat rapuh, mungkin inilah sebabnya mereka sedang dalam ancaman kepunahan. Terlebih karena habitat mereka yang digunakan untuk perkebunan dan rawa gambut. Ikan ini adalah ikan terkecil di dunia.

ARTIKEL TERKAIT •
9 Hal yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

3. Wolfi, Gurita

Gurita terkecil di dunia ini disebut octopus wolfi. Dengan panjangnya yang hanya 1,5 centimeter, hewan ini ditemukan pada 1913 dan ditemukan di samudera indo-pasifik. Saking kecilnya gurita ini, bahkan dapat diletakkan disalah satu jarimu.

4. Brookesia Micra, Bunglon

Hewan yang panjangnya dapat mencapai 29 milimeter ini dapat kamu temukan di Madagascar. Bunglon terkecil di dunia ini ditemukan pada 14 Februari 2012. Ia tidur di cabang pohon pada malam hari.

5. Speckled Padloper, Kura-kura

Hewan yang sering menjadi peliharaan manusia ini merupakan kura-kura terkecil di dunia.

Cirinya adalah memiliki bintik-bintik pada cangkangnya dan memiliki lima jari pada kaki depannya, berbeda dengan kebanyakan kura-kura yang hanya memiliki empat jari pada kaki depan mereka.

Hewan asli Afrika Selatan ini juga terancam punah karena beberapa faktor, salah satunya adalah perburuan.

6. Thumbelina, Kuda

Lahir pada tahun 2001, kuda dengan tinggi 43 centimeter dan berat 26 kg ini merupakan kuda terkecil yang sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan ia memiliki banyak fanclub dimana-mana.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan Berbulu Ini Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Dipelihara

Berikan Nilai Untuk Konten ini