5 Hewan Mitologi yang Populer di Tanah Sunda

Dalam perjalanan waktu, hewan mitologi dalam legenda digunakan sebagai lambang dan hiasan pada bangunan, seperti halnya di daerah Sunda.

8
0

Ada lima hewan mitologi yang terkenal di tradisi Sunda, cerita-cerita mitos yang terkenal di wilayah Jawa Barat.

Dalam perjalanan waktu, makhluk mitologi dalam cerita legenda sebagai lambang dan hiasan pada bangunan, seperti juga dalam cerita legenda di daerah Sunda.

Dalam warisan budaya masyarakat Sunda, maung atau harimau adalah simbol yang sangat terkenal.

Ada beberapa hal yang terkait dengan budaya dan keberadaan masyarakat Sunda yang ada kaitannya dengan simbol maung. Simbol ini dapat berupa simbol verbal dan non-verbal seperti nama daerah (Cimacan), simbol Komando Daerah Militer (Kodam) Siliwangi, dan juga julukan klub sepak bola kesayangan warga Bandung (Persib) yang sering kita sebut Maung Bandung.

Seperti halnya makhluk mitologi dari negara lain, di Indonesia juga terdapat kisah-kisah supranatural tentang makhluk mitologi. Salah satu contohnya terdapat di masyarakat Suku Sunda.

Beberapa Hewan Mitologi yang Populer di Tanah Sunda

Misteri Aul Manusia Berkepala Serigala Penghuni Lereng Gunung Slamet U08vphwntg
Misteri Aul Manusia Berkepala Serigala Penghuni Lereng Gunung Slamet

Baca Juga: Ghoul Makhluk Mitologi Arab yang Suka Memburu Darah Manusia

1. Orowodol

Menurut cerita orang tua zaman dulu, Orowodol seringkali muncul di daerah persawahan. Bentuknya bisa berupa anak ayam, kucing, anjing, atau binatang lainnya. Konon, Orowodol akan tumbuh lebih besar jika manusia menyentuhnya.

Berdasarkan cerita, apabila kita berjumpa dengan Orowodol, kita harus melemparkan batu sebanyak lima kali. Lemparlah batu tersebut di sekitar Orowodol, tetapi pastikan tidak mengenainya.

2. Ahool

Ahool adalah makhluk legenda yang konon berasal dari Gunung Salak di Jawa Barat. Makhluk ini memiliki penampilan seperti kelelawar raksasa dengan bulu gelap dan cakar yang tajam.

Dia sering terbang seperti kelelawar tetapi dalam ukuran yang besar. Gambaran penampilannya yaitu kepala yang mirip kera, mata yang besar dan hitam, cakar yang besar, lengan tubuhnya tertutupi dengan bulu abu-abu, dan ia memiliki sayap panjang dengan lebar mencapai 3 meter.

Baca Juga: Ahool Si Kelelawar Raksasa Misterius di Gunung Salak

3. Maung Lodaya

Maung Lodaya atau Maung Bodas merupakan julukan bagi macan dalam cerita rakyat Sunda. Hewan ini digambarkan sebagai kumbang yang kuat dan lincah.

Orang-orang Sunda percaya bahwa Raja Pajajaran, yakni Prabu Siliwangi, memiliki dua makhluk mitologi, Maung Lodaya berwujud macan hitam, dan Maung Bodas berwujud macan putih.

4. Ajag

Ajag adalah sejenis anjing liar yang suka memburu hewan-hewan ternak. Namun, ada cerita yang tersebar tentang adanya makhluk gaib yang bisa berubah menjadi ajag. Bedanya dengan ajag asli, makhluk gaib ini bisa membunuh hewan ternak dalam waktu semalam.

Baca Juga: Anqa, Burung Legendaris Arab yang Diduga Rukh

5. Aul

Aul adalah sebuah makhluk yang mirip dengan manusia serigala atau werewolf versi Indonesia. Makhluk ini memiliki tubuh seperti manusia dengan kepala seperti anjing dan tubuhnya ditutupi dengan bulu.

Cerita legenda Aul memiliki tinggi yang sama dengan orang dewasa dan dapat berjalan tegak seperti manusia. Menurut kepercayaan masyarakat, terutama Suku Sunda, hewan mitologi ini dianggap sebagai manusia yang memiliki kekuatan gaib. Ia memiliki kemampuan untuk menyatukan kembali bagian tubuh yang terlepas.

Baca Juga: Keberadaan Monster Gurita “Kraken” di Lautan, Mitos atau Nyata?

Tinggalkan Balasan