Cara Membuat Cromboloni Viral yang Renyah Kres-kres di Tiktok

Akhir-akhir ini, sosmed ramai membincangkan makanan unik kombinasi antara croissant dan bomboloni yang dikenal dengan sebutan cromboloni.

7
0

Resep cromboloni yang sedang populer di TikTok, memiliki tekstur yang renyah dan kres-kres.

Akhir-akhir ini, media sosial menjadi ramai dengan makanan unik yang merupakan kombinasi antara croissant dan bomboloni. Warganet menyebutnya dengan sebutan cromboloni. Pastry yang spesial ini menjadi viral karena rasanya yang manis dan kelezatan tekstur pastry yang renyah.

Biasanya, cromboloni dapat kamu temukan di kafe atau toko roti dengan harga yang cukup terjangkau. Tetapi sekarang, banyak orang penasaran dengan resep dan cara membuatnya karena makanan ini menjadi viral. Mari kita lihat resepnya dengan menggulir ke bawah.

Cara Membuat Cromboloni yang Renyah

Photo1701571312 480655528

Cromboloni merupakan donat bulat tanpa lubang yang memiliki beragam isi sesuai dengan selera. Cromboloni ini menghadirkan cita rasa khas Eropa yang terinspirasi dari kelembutan croissant dan bomboloni yang renyah. Berikut adalah resep praktis untuk membuat cromboloni yang dapat dicoba di rumah, yang saya dapatkan dari Cookpad.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 250 gram terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 30 gram gula pasir, 1 kuning telur
  • 20 gram margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 125 ml susu cair
  • 100 gram korsvet
  • Untuk filling dan toppingnya, bisa menggunakan glaze cokelat, greentea, chocolate almond, almond, atau sesuai dengan selera.

Langkah-langkah pembuatan

  1. Siapkan wadah besar dan campurkan terigu, fermipan, gula pasir, dan garam. Aduk hingga merata.
  2. Buat lubang di tengah campuran terigu, lalu tambahkan kuning telur dan susu cair. Aduk rata dengan terigu, tambahkan margarin, dan uleni hingga adonan tidak lengket lagi di wadah.
  3. Setelah adonan selesai, bulatkan dan diamkan dalam wadah yang ditutupi dengan serbet atau plastik wrap selama 30-5 menit, atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan pindahkan ke meja yang ditaburi terigu. Juga taburi permukaan adonan dengan terigu agar tidak lengket. Bentuk adonan menjadi persegi panjang dengan cara menekannya perlahan dengan rolling pin.
  5. Olesi adonan dengan korsvet secara merata. Kemudian, lakukan lipatan pertama, gilas lagi dengan tetap menaburinya terigu agar tidak lengket.
  6. Lipat adonan 2-4 kali, setelah lipatan terakhir, bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas selama 15 menit.
  7. Setelah resting 15 menit, gilas adonan lagi dengan ketebalan sekitar 0,5 cm. Bagi adonan menjadi 4-6 bagian, potong menjadi pita panjang dengan menggunakan pisau dan penggaris agar hasilnya rapi dan sama.
  8. Gulung adonan seperti bentuk obat nyamuk, letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin tipis, gunakan cetakan bulat atau ring cutter.
  9. Tutup dengan loyang dan biarkan selama 30-45 menit atau hingga mengembang dua kali lipat. Panaskan oven suhu 200°C, panggang selama 12-15 menit hingga matang.
  10. Setelah keluar dari oven, beri lubang di cromboloni yang sudah dingin untuk memasukkan filling. Tambahkan topping di atasnya.

Tinggalkan Balasan