Faktapedia

Tahukah Kamu? Burung Ternyata Punya Aturan Batas Kecepatan Terbang

Apakah kamu pernah berpikiran tentang burung di langit? Kemana mereka akan terbang dan sampai kapan akan melakukan hal tersebut. Apakah burung-burung tersebut pernah tabrakan satu sama lain? Pemikiran seperti ini tentu sangat menarik untuk kita diskusi satu sama lain.

Banyak orang yang menganggap hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Terlebih lagi kita semua mengetahui bahwa langit sangat luas. Tidak mungkin bahwa burung-burung tersebut bisa bertabrakan satu sama lain. Namun ternyata tidak seperti yang kita pikirkan selama ini.

Tahukah kamu bahwa burung juga ternyata mempunyai aturan terbang satu sama lain? Benar. Pada tulisan kali ini, Bebaspedia bakal membahas tentang burung dengan aturan batas kecepatan terbang mereka. Penasaran? Mari simak di bawah ini.


Burung dan Aturan Batas Kecepatan Terbang

Tahukah Kamu Burung Ternyata Punya Aturan Batas Kecepatan Terbang
Burung Terbang | Validnews

Melansir dari Science Alert, meskipun tidak memiliki aturan lalu lintas, tetapi burung memiliki aturan batas kecepatan terbang mereka sendiri. Hal ini sering diamati oleh peneliti tentang alasan banyak burung di Eropa ahli menghindari mobil yang melaju di jalanan raya dengan tahu kapan harus lepas landas.

Dalam sebuah jurnal Biology Letters, para ilmuwan menguji apakah burung-burung Eropa mengubah arah dan jarak terbang agar dapat menghindari kendaraan yang melaju. Jawabannya, ditemukan beberapa burung terbang lebih awal setelah melihat mobil melewati tempat mereka bertengger atau berdiri.

Burung-burung ini dengan cepat akan terbang tanpa memperhatikan ke mana, di mana dan seberapa cepat mobil-mobil yang baru saja melewatinya. Ahli biologi dari Universitas California di Los Angeles bernama Daniel Blumstein menemukan perilaku unik dari burung ini.

Diketahui bahwa burung terbang lebih awal daripada kendaraan yang melewatinya bukan karena takut tertabrak, justru untuk menghindari kekuatan angin yang dihasilkan kendaraan saat melaju. Jika tidak memiliki aturan terbang ini, bisa saja burung tertabrak sebuah mobil atau apapun jika terbang secara sembarangan.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN