Ini Alasannya Mengapa Plasenta Bayi Dikubur Setelah Persalinan

in
Mengapa Plasenta Bayi Harus Dikubur
Mengapa Plasenta Bayi Harus Dikubur

Seperti diketahui, ketika bayi berada di dalam kandungan, ia memperoleh nutrisi dan oksigen melalui plasenta atau yang banyak orang kenal dengan nama ari-ari. Plasenta memiliki peran yang sangat vital bagi tumbuh kembangnya. Bukan hanya sebagai penerima asupan, akan tetapi juga buat membuang karbon dioksida beserta zat tak penting lainnya.

Oleh karena itu plasenta merupakan organ penting yang berguna untuk melindungi anak sejak trimester kedua kehamilan sampai akhirnya ia dilahirkan. Ketika hari kelahiran tiba, ari-ari bayi juga akan ikut keluar pasca bayi berhasil dilahirkan. Ketika sanga ibu berhasil untuk kontraksi, maka plasenta akan keluar. Jika kesulitan, bisa dipancing menggunakan obat perangsang kontraksi.

Baca Juga: Semakin Menyusut, Hanya Tersisa 23 Persen Alam Liar Di Bumi

Plasenta bayi dikubur dengan beberapa benda lainnya

Ari Ari Dikubur Dengan Dipasangi Lampu Bohlam
Dikubur Dengan Dipasangi Lampu Bohlam (akuadalahwanita.blogspot.com)

Di Indonesia sendiri plasenta bayi akan diambil dan dipisahkan dari bayi itu sendiri untuk kemudian dikubur. Seperti menguburkannya dengan beberapa benda lain, seperti pensil atau buku. Dengan keinginan agar ketika bayinya menjadi anak yang pintar dan cerdas. Hal ini tergantung dengan apa plasenta dikuburkan.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Mengusir Jin Penganggu Bayi yang Sering Datang Kerumah, Ummu Sibyan

Ditambah lagi, kita sering menemui di atasnya ada lampu bohlam yang terpasang dengan cantik. Tiap orangtua pasti memperlakukan ‘benda’ ini berbeda-beda, tergantung dari apa yang dipercayai olehnya. Tentu bagi kita yang masih awam bertanya-tanya, mengapa sih plasenta ini mendapatkan perlakuan yang spesial?

Baca Juga: 9 Hal Yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

Pada dunia medis, plasenta adalah salah satu bagian tubuh yang pernah ada pada bayi. Maka dari itu, plasenta atau ari-ari tersebut haruslah dikubur agar tidak menyalahi etika dalam bermasyarakat. Dan lagi, kita tidak boleh membuang asal plasenta bayi tersebut, karena sifatnya yang mudah busuk, bisa-bisa menjadi sumber penyakit nantinya.

Agar tidak dihinggapi hewan liar

Nah, untuk alasan mengapa plasenta bayi dipasangi lampu bohlam agar tidak diganggu oleh hewan-hewan liar. Karena biasanya plasenta ditanam tidak terlalu dalam, sehingga sangat mudah ditemukan ketika digali hewan liar.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mengatasi Alergi Kulit Pada Bayi

Sementara itu, untuk pertanyaan mengapa ari-ari diperlakukan secara spesial adalah karena sebagai bentuk ‘penghormatan’ karena ari-ari dulunya adalah bagian anggota tubuh yang pernah menjaga bayi.

ARTIKEL TERKAIT •
Tidak Ada Pria, Namun Wanita di Suku Amazon Ini Bisa Hamil, Bagaimana Caranya?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.