Festival Bola Api di Kota Nejapa, Memperingati Letusan Gunung Berapi

in ,
Festival Bola Api Di Kota Nejapa
Festival Bola Api Di Kota Nejapa

Setiap negara memiliki keunikannya masing-masing. Bahkan keunikan tersebut terkadang sulit diterima oleh akal manusia. Salah satunya dalam sebuah event atau festival. Di negara El Salvador terdapat sebuah festival unik yang bernama Festival Bola Api (Fireball Festival). Setiap tanggal 31 Agustus masyarakat kota Nejapa melaksanakan festival ini dengan turun ke jalanan kota.

Festival ini sudah dilakukan sejak 100 tahun yang lalu, bisa dibilang ini merupakan tradisi turun temurun masyarakat kota Nejapa. Lalu, seperti apa sih jalannya festival yang satu ini?

Sejarah Festival Bola Api

Festival Bola Api
Para pemain sedang berperang (nytimes.com)

Festival Bola Api yang juga dikenal dengan nama Las Bolas de Fuego oleh masyarakat setempat ini adalah festival yang dilangsungkan di Kota Nejapa, El Savador. Serupa dengan namanya, acara ini menggunakan bola api sebagai senjata untuk mereka ‘berperang’.

Baca Juga: 5 Fakta Sparta, Pasukan Yang Dilahirkan Untuk Menjadi Petarung Kuat!

Namun nih, bukan seperti perang yang sungguhan. Istilah ‘perang’ ini memang bagian dari festival unik ini.

Dulunya pada tahun 1922, masyarakat yang tinggal di Kota Nejapa diserang oleh letusan gunung berapi. Hal itu membuat mereka harus dievakuasi. Kebetulan sekali ketika mereka mengungsi, mereka melihat bola-bola api yang berterbangan dari gunung berapi yang meletus tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Formula-E, Balapan Sekelas F1 Akan berlangsung di Jakarta

Dan mereka meyakini kalau malaikat pelindung yang melindungi mereka sedang berperang dengan iblis. Mulai saat itulah, setiap tahunnya mereka mengadakan festival bola api dengan membuat bola api mereka sendiri.

Jalan Acaranya

Festival Unik Di Kota Nejapa
Festival unik di kota Nejapa (porttada.com)

Acara dari festival bola api sendiri hanya dilakukan oleh laki-laki saja. Perang bola api dibagi ke dalam 2 buah tim, dimana setiap orang wajahnya dicoret-coret layaknya ketika sedang berperang.

Baca Juga: Benarkah Mitos Jika Menabrak Kucing Akan Mengalami Kesialan?

Setiap tim saling melemparkan bola api ke tim lawan. Dan bola api tersebut terbuat dari kain yang dibaluri dengan bensin dan kemudian dibakar. Sementara itu, untuk masyarakat yang tidak bertanding akan menonton mengelilingi mereka yang bertanding.

Acara yang Berbahaya

Acara Yang Sangat Berbahaya
Acara yang sangat berbahaya (yenisafak.com)

Setelah kita mengetahui bagaimana jalannya acara festival bola api ini, tentunya kita sudah berpikir kalau acara ini sangat berbahaya. Terkadang bola-bola apai yang dilemparkan terkena baju pemain, bahkan bisa saja mengenai kulit atau wajah pemain.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Bola Energi Layaknya Rasengan Dalam Tubuh Kita

ARTIKEL TERKAIT •
Serangga yang Hanya Tinggal di Aliran Lava

Oleh karena itu, para pemain dianjurkan untuk mengenakan pakaian basah agar lebih aman. Kalau kamu ingin memainkan game ini, lebih baik jangan ya. Kalau mau bermain, langsung aja terbang ke kota Nejapa.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.