menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFoodApakah Mengonsumsi Ayam Dapat Sebabkan Penyakit Kanker? Berikut Penjelasannya

Apakah Mengonsumsi Ayam Dapat Sebabkan Penyakit Kanker? Berikut Penjelasannya

Apakah Sajian Ayam Dapat Sebabkan Penyakit Kanker
Apakah Sajian Ayam Dapat Sebabkan Penyakit Kanker

Siapa sih yang tidak suka dengan ayam? Kebanyakan masyarakat di Indonesia sangat menyukai salah satu komoditi hewan satu ini. Cukup banyak alasan yang mendasarinya, seperti rasanya yang nikmat dan lezat serta ayam memiliki kandungan protein tinggi yang sangat baik bagi tubuh kita.

Biasanya ayam disajikan dalam berbagai santapan makanan, seperti ayam goreng, sup ayam, ayam panggang, sate ayam, dan sebagainya. Tentu berdasarkan pilihan tersebut, membuat banyak orang yang menjadikan ayam sebagai makanan favorit mereka. Kebanyakan orangtua juga yang sering menjadikan ayam sebagai lauk utama bagi makan siang anak mereka.

Baca Juga: Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Makan Sebelum Tidur Malam

Bolehkah konsumsi ayam berlebihan

Berlebihan Makan Ayam
Foto: Halodoc.com

Namun, apakah kamu mengetahui ternyata mengonsumsi ayam secara berlebihan ternyata tidak baik bagi tubuh. Banyak orang yang berpendapat kalau berlebihan mengonsumsi ayam dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi tubuh, parahnya dapat menyebabkan seseorang meninggal.

Namun, apakah hal tersebut terbukti benar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi ayam dalam jumlah berlebihan akan beresiko terkena penyakit limforma non-Hodgkin. Penyakit ini adalah penyakit berupa kanker kelenjar getah bening dan kanker prostat pada pria.

Penelitian di Oxford University membuktikannya dengan survei terhadap pola dari konsumsi daging dari 475.488 warga Inggris dengan rentang usia antara 37 sampai 73 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati imbas kesehatan mereka setelah mengonsumsi daging ayam selama lima tahun.

Dan penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 23.000 lebih orang terkena penyakit kanker jenis apapun itu setelah mengonsumsi ayam. Yang mana, mengonsumsi ayam berhubungan dengan penyakit melanoma ganas, limforma non-Hodgkins, dan penyakit kanker prostat.

Baca Juga: Suka Makan Saat Stress, Itu Tanda Kamu Mengalami Emotional Eating

Jangan berlebihan

Bahaya Berlebihan Makan Ayam
Foto: Kumaran.com

Oleh karena itu, jangan sampai apa yang kamu makan itu malah berdampak buruk bagi kesehatan kamu sendiri. Padahal niat kamu hanya ingin membuat perut kenyang, namun malah membuat tubuh menjadi tersiksa.

Dalam konteks makanan, memang kalau berlebihan itu sangat tidak baik bagi kesehatan kita. Meskipun itu hanya sekedar ayam, yang juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Namun, ternyata mereka membawa malapetaka bagi tubuh kalau berlebihan mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Jenis Lauk Yang Paling Sering Kita Gunakan Ketika Makan Nasi Padang

Add comment