menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comGamepediaBegini Syarat dan Cara Refund Game di Steam Terbaru dan Gampang

Begini Syarat dan Cara Refund Game di Steam Terbaru dan Gampang

Begini Syarat Dan Cara Refund Game Di Steam Terbaru Dan Gampang
Begini Syarat Dan Cara Refund Game Di Steam Terbaru Dan Gampang

Pastinya kamu sudah mengetahui apa itu Steam. Ya, Steam merupakan platform dimana para penggunanya dapat memiliki game PC atau komputer secara praktis dan mudah. Pada Steam juga kamu bisa melihat informasi dari gim yang kita minati, mulai dari ulasan pemain lain, system requirements game tersebut, dan sebagainya.

Apalagi Steam sering memberikan diskon besar-besaran terhadap gim-gim tertentu yang lagi naik daun. Tak menutup kemungkinan juga kamu bisa memperoleh gim-gim jadul secara percuma.

Selain itu, ada satu keunggulan lagi yang sangat mendukung penggunanya di platform ini. Yaitu kamu dapat melakukan refund game di aplikasi Steam ini. Refund adalah aktivitas mengembalikan barang yang telah dibeli dan uang yang telah dibayarkan juga dikembalikan. Karena terkadang kita terlanjur membeli game di Steam yang tidak sesuai dengan selera.

Alasan melakukan Refund game di Steam

Alasan Pengembalian Game Di Steam
Alasan pengembalian game di Steam

Kamu harus tahu, bahwa kamu bisa mendeskripsikan alasan apapun ketika ingin mengembalikan game yang telah dibeli di Steam. Namun, bukan berarti fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan game secara cuma-cuma. Terdapat beberapa alasan valid yang membuat permintaan refund game kamu dikabulkan.

ARTIKEL TERKAIT •
Bertarung di Hp-mu Lewat Game The King of Fighters Allstar

1. Salah membeli game

Terkadang karena sifat manusia yang tidak teliti membuat apa yang dilakukan jadi sia-sia. Hal tersebut juga berlaku jika kamu tidak teliti saat membeli game di Steam. Untuk itu, ceklah terlebih dahulu game yang ingin dibeli. Jangan sampai karena melihat game tersebut terlihat menarik, namun ternyata hanya bisa dimainkan dengan perangkat VR (Virtual Reality).

Jika sudah demikian, artinya kamu harus secepatnya meminta refund game yang telah kamu beli di Steam. Lakukan dengan segera, jangan ditunda-tunda agar permintaan kamu dikabulkan.

2. Tidak sesuai dengan selera

Misalnya saja setelah kamu melihat trailer dari game tersebut dan tampak menarik. Namun, ternyata setelah dimainkan, display yang ditampilkan tidak sesuai dengan isi trailer aslinya. Atau bisa juga karena game tersebut terlalu sulit bagi kamu untuk dimainkan. Maka, jangan menunggu lagi, lakukan refund game tersebut di Steam langsung.

3. Tidak dapat dimainkan

Yang menjadi kekurangan game PC dari dulu adalah tidak semua game dapat dimainkan pada seluruh jenis PC. Terdapat Faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti perbedaan hardware, sistem operasi yang digunakan, dan sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT •
The Seven Deadly Sins Grand Cross Versi Global Resmi Dirilis, Yuk Buruan Daftar Untuk Dapat Bonusnya!

Game yang telah dibeli di Steam bisa jadi tidak mendukung di PC kamu. Karena beberapa komponen PC seperti RAM, VGA, atau prosesor tidak mengangkat game tersebut. Sudah pasti solusinya ada dua, yakni meng-upgrade komponen atau melakukan refund.

Setelah mengetahui apa saja alasan-alasan yang diperbolehkan jika ingin melakukan refund game di Steam. Tidak kalah pentingnya, kamu juga harus mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat melakukan Refund game

Syarat Pengembalian Game Di Steam
Syarat pengembalian game di Steam (shacknews.com)

Agar fitur refund ini tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, Steam menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh penggunanya. Setelah syarat yang dibutuhkan dipenuhi, persentase refund akan semakin besar. Berikut adalah syarat-syarat untuk melakukan refund game di Steam yang telah kami rangkum dari link berikut ini:

  1. Game yang telah dibeli tidak lebih dari 14 hari waktu pembelian game tersebut.
  2. Game tidak boleh dimainkan lebih dari dua jam.
  3. Pembelian in-app purchase (microtransaction) harus melalui layanan Steam. Jika tidak, permintaan tidak akan dikabulkan.
  4. Game yang telah dibeli selama masa pre-order bisa dilakukan pengajuan refund setelah jangka waktu 2 minggu setelah game telah dirilis.
  5. Jika game tersebut adalah gift ke teman, maka tahapan refund dilakukan pertama kali oleh penerima gift.
  6. Jangka waktu refund uang berlangsung selama 7 hari. Jika pembelian melalui Steam Wallet bisa lebih cepat. Namun, jika lewat debit, kartu kredit, dan sebagainya bisa melebihi waktu yang telah ditentukan dan itu tergantung bank masing-masing.
ARTIKEL TERKAIT •
Cara Melakukan Refund Game di Epic Games Store Terbaru dan Praktis

Itulah beberapa poin persyaratan agar permintaan refund game kamu di Steam bisa dikabulkan. Ada beberapa kasus dimana jika salah satu atau beberapa persyaratan di atas tidak tepenuhi, maka permintaan refund juga dapat dikabulkan.

Cara melakukan Refund game di Steam

Cara Melakukan Refund Game Di Steam
Cara melakukan refund game di Steam (kabargames.id)

Setelah mengetahui apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melakukan refund. Dan inilah langkah atau tahapan melakukan refund game di Steam.

  1. Kunjungi halaman Steam Help pada https://help.steampowered.com/en/.
  2. Jika belum login, masuklah terlebih dahulu dengan akun Steam milikmu.
  3. Setelah itu, pilih menu Purchase.
  4. Carilah game yang telah kamu beli, namun ingin di-refund.
  5. Pilih alasan mengapa ingin melakukan refund game tersebut.
  6. Kemudian, pilih opsi I’d like to request a refund.
  7. Isilah form yang terlihat dan alasan melakukan refund gamenya. Usahakan informasi dimasukkan dengan selengkap-lengkapnya agar permintaan kamu dapat direspon cepat oleh customer service Steam.
  8. Jika semuanya sudah selesai, nantinya kamu akan dikirimkan email konfirmasi dan tinggal menunggu beberapa waktu saja.

Tidak diketahui berapa lama jangka waktu permintaan refund akan dikabulkan. Bisa beberapa jam, beberapa hari, atau beberapa minggu, itu tergantung pada jumlah orang yang melakukan refund pada saat itu. Jika mereka meng-approve permintaan kamu, maka Steam akan mengembalikan uang kamu.

ARTIKEL TERKAIT •
Update Besar-besaran Game LifeAfter Karena Di-download 100 Juta Kali!

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara melakukan refund game di Steam. Sebagai saran jangan sampai melakukan permintaan refund dalam waktu yang berdekatan, karena pihak Steam bisa saja akan menganggap kamu telah melakukan penyalahgunaan aplikasi. Bisa-bisa Steam tidak akan lagi mengabulkan permintaan refund-mu kemudian.

Add comment