Polemik yang terjadi antara Ensiklopedia Bebas ID dengan Warstek

Screenshot 9

Sebenarnya kami di tim EB ID tidak ingin membahas hal ini karena lagi-lagi akan mengandung dorama tidak mutu. Dan yang paling diuntungkan oleh dorama ini ya pasti Warung Sains Teknologi karena mereka memposisikan diri sebagai korban. Darimana kami tahu akan hal itu? dari postingan di Fanspage resminya.

Namun kami tidak akan membahas hal siapa yang salah dan siapa yang benar, EB ID hanya ingin meluruskan beberapa hal supaya netizen bisa mendapatkan titik terangnya.

Perlu diketahui, kerjasama ini sebelumnya dilakukan dengan niat agar grup Ensiklopedia Bebas memiliki konten yang bagus. Dan saya pribadi mengakui kualitas konten yang diterbitkan oleh pihak Warstek. Ada 4 poin kesepakatan, termasuk poin bahwa kerjasama bisa diberhentikan kapan saja oleh pihak manapun. Dengan timbal balik, warstek mendapat likers dan viewers dari grup EB. 

Screenshot 7
Bukti SS kerjasama

Kenapa Ensiklopedia Bebas Menghentikan kerjasama dengan Warstek

  1. Postingan yang semakin lama dengan jelas menggunakan metode click bait.
  2. Tidak ada postingan rutin yang terbit lagi. 
  3. Adanya fokus baru EB ID untuk membangun ulang fondasi baru. Dari mulai mendirikan FP, Web, dan channel Youtube yang akan menyusul.

Alasan utamanya karena konten. kami merasa pihak Warung Sains Teknologi tidak terlalu menyumbang konten untuk EB. moderator grup dan admin EB merasa bahwa mereka tidak memberikan dampak berarti bagi EB dan malah membuat polemik lain yang sedang kami hadapi jadi lebih rumit. (Baca: Fanspage Resmi Ensiklopedia Bebas diambil orang tidak bertanggung jawab)

Terjadi kebingungan diantara member Ensiklopedia Bebas

Selain itu juga banyak member di EB yang bingung dengan kejelasan Fanspage Resmi. Sehingga dua fanspage yang tertatut di FP EB sebelumnya baik Ensiklogy (fp tim eb sendiri) dan Warstek dicabut ketertautannya dengan grup Ensiklopedia Bebas.

Drama muncul karena Bersemangatnya Warstek untuk mengangkat topik ini dan telatnya Admin EB memberi Informasi

Semua perencanaan EB ID hanya berlangsung pada 2 malam. Dan malam kedua, mengurusi berbagai perjanjian antara Dafunda ID dan Ensiklopedia bebas mengenai pembangunan fondasi EB ID. Mulai dari FP baru, IG baru lalu kami mengganti ensikology dan Warstek dengan FP EB ID supaya member tidak bingung.

Dikarenakan sudah pukul 3 pagi, buktinya ada 2 artikel yang terbit pada dini hari. Kami akan membahas soal warsrtek di siang hari nya. Termasuk terkait kerjasama ulang dengan Warstek di grup Ensiklopedia Bebas ID. Karena saya menghargai niat Warstek membagi konten mereka di grup sebelumnya. 

Meski begitu, di pagi harinya pihak EB ID sudah menginformasikan terkait pemberhentian kerjasama itu. Dimana disaat itu juga konsep kerjasama dengan Warstek sedang dibahas bersama Dafunda. Agar pada siang hari bisa langsung kembali menyusun kesepakatan ulang dengan Warstek. 

Kerjasama dengan Warstek disusun ulang agar kedua belah pihak, merasa puas dengan kerjasama itu. Grup EB mendapatkan konten yang sesuai standarnya dan Warstek mendapatkan sebuah sponsor dari berbagai sosmed EB

Akan tetapi, beberapa menit setelahnya. Diketahui FP warstek sudah menerbitkan sebuah informasi sepihak. Sehingga, tanpa mengurangi rasa hormat tim EB ID terhadap segenap Tim Warstek, pembahasan rencana untuk bekerjasama dibatalkan.

Demikian klarifikasi ini, semoga member mendapat titik terang. Dan terima kasih kepada semua pihak yang tidak berpacu pada informasih sepihak. 

0/5 (0 Reviews)

6 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Legend

Fiana

CEO Ensiklopedia Bebas, Salah satu Founder Bebaspedia.