3 Manfaat Penting Kalsium Selain Menyehatkan Tulang Kita

in
manfaat penting kalsium

Inilah 3 manfaat penting kalsium selain menyehatkan dan mengokohkan tulang kita.

Ketika mendengar kata kalsium, gak dipungkiri kita akan langsung meng-asosiasikan kata tersebut dengan tulang. Karena memang dari semua zat gizi lain, adalah kalsium yang memang peranan menyehatkan tulangnya lebih tinggi.

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya kalsium juga memiliki manfaat penting nan menyehatkan lainnya juga? Gak percaya? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat penting kalsium selain menyehatkan tulang kita yang pertama, adalah menjaga kesehatan jantung dan seluruh pembuluh darahnya.

Ya berdasarkan laporan medis kesehatan tahun 2017, terungkap bahwa kalau kita kekurangan kalsium, malah justru akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk memompa darah kita.

Lebih jauhnya, asupan kalsium yang cukup, bisa menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol di dalam tubuh sehingga, menghindarkan kita dari potensi penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi Gejala Dismenore Pada Wanita

Gampangnya nih, Dismenore adalah gejala yang biasanya dialami oleh wanita saat haid. Spesifiknya, Dismenore adalah keadaan dimana, otot tidak dapat mengendur setelah kontraksi haid.

Alhasil karena sulit kendur lagi, membuat otot menjadi kram dan nyeri-nyeri. Nah asupan kalsium, bisa mengurangi gejala tersebut atau bahakan mungkin mencegah terjadinya Dismenore tersebut.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Berdasarkan laporan dalam Journal of Nutrition College tahun 2016, rata-rata orang yang terkena kanker usus adalah dikarenakan mereka kurang asupan kalsium.

Lebih jauhnya lagi, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Polandia, terungkap bahwa seseorang yang asupan kalsium-nya lebih dari 1.000 mg per hari, beresiko lebih rendah untuk terkena kanker usus. Resiko kerendahannya hingga 46 persen.

Wah berarti dari ketiga penjelasan ini, jelas banget-banget kalau kalsium peranannya sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karenanya, yuk marikita mulai rajin lagin makan atau minum minuman yang berkalsium tinggi (baca: susu).

Karena ya jangan sampai gara-gara kita malas mengkonsumsi makanan atau minuman kalsium-nya, kita malah menjadi menderita. Semoga pembahasannya ini bisa bermanfaat banget ke kalian semua ya guys! STAY HEALTHY OK?

Berikan Nilai Untuk Konten ini