4 Cara Diet Soda Merusak Kesehatan Tubuh Kita

in
Diet Soda
Soda Diet | Okezone Lifestyle

Gak dipungkiri sama sekali bahwa minuman bersoda tidak baik untuk dikonsumsi. Apalagi secara berlebihan.

Hal ini dikarenakan di dalam soda, terkandung gula olahan (processed sugar) yang apabila terkonsumsi tubuh, akan memberikan kita banyak penyakit berbahaya seperti salah satunya diabetes.

Intro 1585161842
Diet Coke | Mashed

Nah, beberapa yang sudah mengetahui hal tersebut namun masih tidak bisa move on dari hobi minum soda-nya, lantas berinisiatif untuk menggantinya dengan soda diet (diet soda).

Logikanya, dengan kata “diet” di kaleng / botol nya, setidaknya kandungam gula jahat dan kalori-nya itu minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Logikanya sih memang sangat logis.

Tapi sayang fakta kesehatannya berkata lain. Jadi seperti yang dilansir dari Curious Mob, memang soda diet tidak mengandung gula olahan. Tapi tetap saja minumannya diberi gula agar masih ada rasa manis-manisnya dikit itu.

Tapi perlu kamu ketahui, jenis gula penggantinya, disebut gula artifisial. Dan berdasarkan berbagai studi kesehatan yang ada, faktanya, efek gula artifisial jauh lebih berbahaya daripada gula olahan di soda biasa terhadap kesehatan tubuh kita.

Dan berikut kurang lebihnya 4 dampak kesehatan merugikan yang akan kita rasakan jika sering-sering minum soda diet.

1. Meningkatkan Nafsu Makan Makanan Manis

Sugar Cravings 990x500 1
Jadi ingin makan manis terus deh! | Amplified Soccer

Berdasarlan hasil studi yang dilakukan oleh Pediatric Obesity di tahun 2019, gula artifisial di soda, justru membuat nafsu makan kita tidak terkontrol terlebih, nafsu makan makanan manis-manis.

Tentunya apabila kita terlalu banyak makanan manis seperti permen, kue, cokelat, dan lain-lainnya, akan membuat perut kian tambun. Hal ini dikarenakan makanan manis memiliki kandungan kalori yang gila-gilaan.

Dan apabila menjadi “super tambun”, ya kalian sudah tahu bukan dampak merugikannya ke tubuh kita?

2. Akan Merubah Cara Kerja Sistem Pencernaan

539787 Istock 577933518
Foto Sistem Pencernaan | Mental Floss

Ahli diet klinis, Rebecca Oh, RD, mengatakan bahwa sering minum soda diet akan merubah cara kerja mikro organsime yang ada di sistem penceraan kita.

Spesifiknya berdasarkan studi yang ada, zat sucralose, stevia and saccharin di dalam kaleng soda-nya, mampu merubah bentuk dari bakteri-bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan kita.

3. Kerusakan Ginjal

Clean Kidneys Compressed1
Awas Ginjal! | Curious Mob

Ketika kita minum soda diet, secara kita gak sadari, pelan-pelan radikal bebas di jaringan ginjal akan berkembang pesat.

Nah pertumbuhan radikal bebas ini, menurut studi yang pernah dilakukan di tahun 2017, sangat meningkatkan peluang kita ntuk terkena sakit ginjal parah! ih ngeri kan?

4. Seluruh Kesehatan Akan Memburuk

Poor Health1
Akan bisa terkena penyakit lain |Curious Mob

Berdasarkan studi yang dilakukan di tahun 2017 dan 2019, terungkap bahwa soda diet, juga bisa mengakibatkan maslaah kesehatan lain seperti: Alzheimer, Dementia, Stroke, gangguan sirkulasi darah, dan juga tentunya, lapisan enamel gigi akan rusak.

Jadi dengan fakta-fakta ini, ya gue sih cuma bisa saranin, kalau gak perlu-perlu banget minum soda diet, mending gak usah minum deh. Air mineral (air putih) jauh lebih sehat bukan? Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys !

Berikan Nilai Untuk Konten ini