Sehatpedia

5 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Aktivitas begadang banyak sekali di lakukan oleh anak muda, entah itu bermain game, menonton film, atau menyelesaikan tugas. Namun dampak buruk begadang terbilang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini 5 bahaya begadang bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Bahaya begadang Daya Tahan Tubuh Menurun
Daya Tahan Tubuh Menurun | Jesscool

Bahaya begadang yang pertama ialah daya tahan tubuhmu akan menurun jika kamu sering begadang. Penyakit pun semakin mudah menyerang tubuhmu, penyakit seperti meriang, tidak enak badan, dan lain – lain semakin mudah menyerang tubuhmu.

Hal ini di sebabkan karena sistem imun rendah karena kurang tidur. Di sisi lain, beberapa penyakit berat yang bisa muncul seperti gejala stroke, paru- paru serta gangguan kesehatan pada ginjal.

Selain itu, ada pula hipertensi juga obesitas yang semakin tinggi resiko menjangkitnya pada tubuh anda jika sering begadang.

2. Hilang Konsentrasi

Bahaya Begadang Hilang Konsentrasi
Hilang Konsentrasi | Hellosehat

Akibat sering begadang juga menyebabkan otak susah fokus. Dampak ini karena tubuh kurang istirahat sehingga otak pun kurang beristirahat. Minimal waktu tidur manusia adalah 6 jam.

Dampak lain sering begadang adalah membuat tubuh mudah lelah, kurang bergairah, dan lebih parahnya adalah menjadi pelupa.

Baca Juga

5 Mood Booster Sederhana ini Bisa Atasi Bad Mood Kamu, Lho!

3. Pola Makan yang Tidak Teratur

Bahaya begadang Pola Makan Tidak Teratur
Pola Makan Tidak Teratur | oranami

Pola makan yang menjadi tidak teratur adalah dampak buruk dari begadang. Di saat tubuh kurang tidur maka kamu cenderung akan tidur lebih lama dan akan terbangun pada siang hari. Kamu jadi tidak sarapan padahal sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh sekaligus pemasok energi harian.

4. Selalu Mengantuk

Sering Mengantuk
Sering Mengantuk | Klikdokter

Bahaya begadang selanjutnya ialah kamu jadi selalu mengantuk. Hal ini disebabkan akibat tubuh kurang beristirahat sehingga sering merasa mengantuk yang dalam artian bahwa tubuh menandakan harus beristirahat. Akibat sering mengantuk otak pun tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu hal.

5. Muncul Mata Panda

Mata Panda
Mata Panda | Popmama

Mata panda akan sering terlihat pada mereka yang suka begadang. Mata panda sendiri merupakan salah satu ciri fisik mereka yang gemar begadang di samping mata berkantung, wajah tidak cerah, mata terlihat sayu, pucat dan lain sebagainya.

Nah, itulah 5 bahaya begadang bagi kesehatan tubuh, sebaiknya jangan terlalu banyak begadang jika tidak penting.

Related Posts