5 Cara Ajaib Mengobati Gusi Bengkak Bernanah, Terbukti Manjur

in
Cara Mengobati Gejala Gusi Bengkak Bernanah
Cara Mengobati Gejala Gusi Bengkak Bernanah

Gusi yang membengkak hingga ada nanah tentu membuat kita risih dan terganggu. Selain terasa sakit, gusi bengkak bernanah juga membuat kita kesulitan untuk makan atau minum. Gejala ini diawali dengan pembengkakan dan penumpukan karang gigi dan gigi berlubang.

Walaupun sudah banyak orang yang mengalaminya, akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang mengetahui penyebabnya. Gusi bengkak bernanah bisa disebabkan oleh gigi berlubang, kebersihan gigi yang tak terawat, sistem kekebalan tubuh yang lemah, gigi bungsu yang tumbuh miring, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, tentu kamu ingin sekali mengetahui bagaimana cara mengobatinya.

Cara mengobati gusi bengkak bernanah dengan bahan alami

Perlu diketahui, masalah gusi bengkak yang bernanah tidak bisa kamu tangani sendiri di rumah. Kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gigi, agar perawatan lebih efektif dan maksimal. Berikut adalah cara yang dilakukan oleh dokter untuk menangani masalah kamu ini.

5 Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang

1. Perawatan saluran akar

Perawatan Saluran Akar untuk mengobati gusi bengkak bernanah
Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar dapat dilakukan jika masalah gusi bernanah yang kamu derita itu diakibatkan karena gigi yang berlubang.

Perawatan ini bertujuan untuk membersihkan saraf gigi yang telah mati yang disebabkan oleh bakteri. Prosedur pembersihan saluran akar gigi akan diisi dengan sesuatu yang ampuh untuk membasmi bakteri, hingga akan membuat apses bisa kecut dan mengobati gusi bengkak bernanah.

2. Pembedahan minor

Dilakukan Pembedahan Minor 1
Dilakukan Pembedahan Minor | via https://www.dream.co.id/

Jika abses yang ada pada rongga mulut bentuknya besar, dokter akan mengadakan sebuah pembedahan. Yaitu dengan melakukan sedikit sayatan pada bagian gusi yang bengkak agar nanah di dalamnya dapat keluar. Kalau dibayangkan rasanya pasti sakit.

Tapi tenang saja, sebelum dilakukannya pembedahan, dokter akan memberikan kamu bius lokal. Ketika proses pembedahan dilakukan, area gusi tidak akan terasa sakit.

3. Kuret gusi untuk mengobati gusi bengkak yang bernanah

Kuret Gusi
Kuret Gusi | via http://smileworks.id

Jika gusi bengkak bernanah disebabkan karena periodentitis, untuk mengobatinya dokter akan melakukan prosedur kuret gusi. Akan tetapi, sebelum menjalankan langkah ini, nanah yang ada pada gusi akan dikeluarkan terlebih dahulu. Lalu, dokter akan melepaskan jaringan-jaringan gusi yang telah hancur akibat infeksi dengan menggunakan kuret gusi.

5 Bahan Alami Ini Ampuh Putihkan Gigi Yang Kuning Loh!

Selain itu, dokter juga akan membersihkan area karang gigi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang masih menempel.

4. Pemberian antibiotik

Diberikan Antibiotik
Diberikan Antibiotik | via https://www.halodoc.com/

Cara selanjutnya untuk mengobati sakit karena gusi bengkak bernanah adalah dengan pemberian antibiotik. Antibiotik diberikan hanya sebagai perawatan pendamping saja, agar gusi yang bengkah bernanah dapat sembuh dengan cepat. Selain itu, rasa nyeri akibat infeksi di gusi akan sedikit teredakan dengan pemberian obat ini.

Anti inflamasi dan obat pereda rasa nyeri juga akan diberikan setelah melakukan perawatan pada gusi. Hal ini berguna untuk mengatasi rasa sakit dan mengobati infeksi yang ada pada gusi yang membengkak.

5. Pencabutan gigi

Dilakukan Proses Pencabutan Gigi
Dilakukan Proses Pencabutan Gigi | via http://herlinquinn222.blogspot.com/

Jika kondisinya sudah parah dan tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan perawatan, dokter akan menyarankan kamu untuk mencabut gigi yang mengalami infeksi. Ketika proses pencabutan dilakukan, nanah pada gusi akan sekalian keluar.

Penyebab Gigi Tetap Kuning Meski Rajin Sikat Gigi

Setelah pencabutan gigi, dokter akan segera membersihkan area tersebut dengan cairan khusus supaya tak ada bakteri yang masih menempel disana.

Nah itulah cara ampuh untuk mengobati masalah gusi bengkak bernanah. Jangan hanya dibiarkan saja, segeralah bertindak agar gejala tidak semakin parah. Segeralah mengkonsultasikan dengan dokter jika kamu menderita masalah ini.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.