Kulit Bunda Kering Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya

in
Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil
Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

Tak sedikit ibu hamil yang mengalami beberapa perubahan di saat mereka sedang hamil. Salah satunya ialah kulit menjadi kering. Tentu bunda yang sedang hamil tak ingin memiliki kulit yang kering. Walaupun hal ini wajar terjadi, namun kulit yang terlihat kering akan menganggu penampilan kita juga.

Kulit kering terjadi karena perubahan hormon yang memberi pengaruh pada kelenturan kulit dan kadar minyak. Selain kulit terlihat kering, kulit ibu hamil akan cenderung terlihat retak. Bahkan bila tidak dirawat akan menyebabkan kulit mudah bersisik.

8 Manfaat Telur Ayam Bagi Ibu Hamil

Cara mengatasi kulit kering saat hamil

Cara yang akan dijelaskan di bawah ini tergolong mudah untuk dilakukan, jika kamu bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Yang terpenting adalah niat dan usaha, sehingga akan membuahkan hasil yang kamu inginkan.

1. Minum air putih yang cukup

Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil 1
Minum air putih yang cukup | via https://id.theasianparent.com/

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan membantu kamu untuk mengatasi kulit yang kering pada saat hamil. Sama seperti sebelum hamil, minumlah air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 hingga 12 gelas tiap harinya. Selain membuat kulit menjadi lembap, minum air putih akan membuat tubuh terhindar dari yang naanya dehidrasi.

ARTIKEL TERKAIT •
8 Manfaat Telur Ayam Bagi Ibu Hamil

7 Perubahan Pada Kondisi Tubuh Jika Kamu Kekurangan Minum Air Putih

2. Banyak makan sayur dan buah

Banyak Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
Banyak Mengkonsumsi Buah Dan Sayur | via https://palembang.tribunnews.com/

Seperti yang sudah diketahui sayur dan buah memiliki manfaat yang hebat bagi tubuh kita. Nah, di dalamnya terkandung Vitamin E yang sangat berguna bagi kulit kita. Dimana vitamin E bermafaat untuk melembapkan kulit, mengatasi gejala penuaan dini, menyamarkan bintik-bintik gelap dan masih banyak lagi.

Makanan yang mengandung vitamin E dapat kita temui pada zaitun, kacang-kancangan, alpukat, dan lain-lain.

3. Memakai pelembap dan tabir surya

Memakai Pelembap Dan Tabir Surya
Memakai Pelembap Dan Tabir Surya | via https://www.beautynesia.id/

Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit kering saat hamil adalah memakai pelembap atau tabir surya pada kulit. Penggunaan pelembap dan tabir surya sebaiknya rutin dilakukan baik itu saat sebelum hamil, sedang hamil, atau selesai hamil.

Tabir surya dapat membuat kulit terhindar dari masalah diskolorasi, seperti ada noda atau bercak-bercak.

4. Rutin mandi dengan air hangat

Mandi Dengan Air Hangat
Mandi Dengan Air Hangat | via https://www.cantika.com/

Tidak hanya digunakan saat cuaca dingin saja, mandi dengan air hangat harus rutin dilakukan agar tubuh mendapatkan berbagai manfaat darinya. Salah satunya ialah dapat mengangkat sel kulit yang mati. Tapi ingat, jangan gunakan air yang panass, yang ada hanya membuat lapisan minyak alami pada kulit musnah.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Nyamuk Lebih Mengincar Anda Bukan Orang Lain

Mandi Malam Sebabkan Paru-Paru Basah?

Sehingga kulit akan semakin kering dan terasa gatal.

5. Kulit kering saat hamil bisa disebabkan oleh kesalahan pemakaian kosmetik

Salah Dalam Memilih Kosmetik
Salah Dalam Memilih Kosmetik | via https://parenting.orami.co.id/

Memang kosmetik digunakan agar wanita terlihat lebih cantik. Tapi, jangan asal-asalan menggunakan produk kosmetik. Mentang-mentang harganya murah dan melihat beberapa testimoni orang-orang. Namun ternyata testimoni tersebut palsu dan yang hanya akan membuat kulit menjadi kering dan rusak.

Gunakan produk kosmetik yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Tapi, lebih disarankan untuk menggunakan cara-cara yang alami saja untuk mengatasi kulit kering saat hamil.

Nah itulah penjelasan mengenai cara ampuh ajaib untuk mengatasi kulit kering pada saat bunda hamil. Jika cara-cara di atas belum juga manjur, bunda bisa langsung mengkonsultasikannya ke dokter kulit. Jangan dibiarkan saja, parahnya nanti malah membuat kulit makin rusak.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.