5 Langkah Utama Agar Kita Tetap Sehat Walau Seisi Rumah Sedang Sakit

in
5e703ee4c76cb
5e703ee4c76cb

Inilah 5 langkah / cara utama agar kita tetap sehat walau, seisi rumah sedang sakit atau kurang sehat.

Umumnya, ketika seisi keluarga dalam rumah sedang sakit (apalagi sakit parah), kitapun juga akan tertular.

Namun faktanya, kita bisa loh menghindari hal ini. Dan berikut adalah 5 langkah utama . jitunya agar kita bisa selalu sehat tersebut.

1. Batasi Atau Jauh Dari Mereka Yang Sedang Sakit

Menurut ketua dari American Board of Internal Medicine, George Abraham, MD, langkah utama pertama agar kita bisa tetap sehat dari seisi rumah yang sedang sakit.

Adalah dengan membatasi atau bahkan jauh-jauh dulu dari mereka yang sedang sakit. Mau itu sakit flu biasa atau bahkan corona sekalipun. Mending jauh-jauh deh oke?

2. Kamar Mandi Selalu Higenis

Sebenarnya menurut pengarah program pembangunan kesehatan Harvard, Joseph Allen, MPH, D.Sc, kamar mandi orang yang sedang sakit dan sehat, harus selalu terpisah (jangan jadi satu).

Tapi, katakanlah kamar mandi rumah kita hanya satu saja. Maka, pastikanlah untuk selalu menjaga ke-higenisan kamar mandinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Daftar Barang Yang Seharusnya Tidak Kamu Letakkan di Kamar Mandi

Seperti: membuka jalur pertukaran udara, tutup rapat tutup kloset setelah memakinya, dan tentunya selalu cuci tangan setelah selesai atau keluar dari kamar mandi.

3. Selalu Bersihkan Permukaan Benda-Benda Rumah

Ini sih memang logika saja. Walau permukaan seperti meja komputer terlihat bersih, namun jangan 100% percaya.

Pasalnya kita gak tahu dengan bakteri-bakteri atau bahkan virus-virus kecil yang menempel. Dan justru hal-hal seperti inilah yang kerap menjadi sumber penyakitnya. Oleh karenanya, rajin-rajinlah membersihkan permukaan bendanya.

Baik sebelum, ketika, atau bahkan sesudah memakainya. Kita gak tahu juga kapan orang rumah yang sedang sakit, menggunakan bendanya.

4. Kalau Perlu, Pakai Masker

Sebenarnya gak perlu nunggu sampai orang rumah ada yang terkena COVID-19. Bahkan walau baru flu biasa saja, sebaiknya kita sudah harus pakai masker.

Tentunya hal ini untuk mencegah transmisi virus yang keluar dari cairan droplet kita (baik hidung atau tenggorokan).

5. Tidur Yang Cukup

Masih menurut George Abraham, menurutnya kurang tidur, akan menurunkan daya imunitas tubuh kita.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Obat Alami Untuk Batuk Berdahak

Alhasil, akan membuat kita cepat tertular oleh berbagai penyakit apapun. Jadi kesimpulannya, kalau memang gak perlu begadang, mendingan kita banyakin jam tidurnya deh.

Ingat! Durasi tidur yang baik adalah 6-8 jam. Nah itulah tadi 5 langkah utama agar kita tetap sehat walau salah satu atau seisi rumah sedang sakit. Semoga bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini