5 Tanda Sendawa Yang Mengkhawatirkan

in
8055435d C2ba 413a A384 Dab4f2b54975 169
8055435d C2ba 413a A384 Dab4f2b54975 169

Sendwa atau kalau kata kebanyakan orang Indonesia, “keluar angin”, adalah reaksi alami tubuh yang umumnya terjadi setelah kita selesai makan / merasa kenyang.

Menurut sebagian ahli, reaksi ini adalah reaksi yang sangat biasa. Spesifiknya, reaksi ini menandakan, kalau sistem pencernaan kita bekerja dengan sebagaimana seharusnya.

Akan tetapi kalau kita dalam keadaan yang bukan sehabis makan dan terus sendawa tak henti-henti, maka pertanda tubuh kita sedang gak beres. Apalagi jika sendawanya disertai 5 tanda yang sangat mengkawatirkan berikut ini.

1. Dibarengi Muntah

Mungkin kamu sering membaca atau mendengar kasus ini. Sendawa tapi sembari / dibarengi muntah juga setelahnya.

Wah kalau sampai kejadian nih, jangan masih dianggap hal yang biasa ya guys. Karena ya situasi ini gak biasa dan gak bagus untuk kesehatan kita.

Umumnya sendawa yang dibarengi muntah setelahnya, adalah pertanda bahwa adanya infeksi di saluran pencernaan, sumbatan di usus, atau bahkan nih yang mengerikan, potensi gejala kanker hati.

2. Mendadak Kembung

Setelah sendawa, perut terasa kembung banget bahkan kembungnya hampir mau perih?

Ini bisa jadi karena adanya obstruksi di saluran cerna, iritasi usus, atau intoleransi laktosa. Apabila penyebabnya adalah intoleransi lakstosa, maka sangat wajib bagi kamu untuk menghentikan konsumsi kayak laktosanya seperti salah satunya, Susu.

3. Kerongkongan Serasa Terbakar

“Keluar angin kok, langsung kerongkongan serasa panas atau terbakar?” Well, faktanya hal tersebut memang bisa terjadi guys.

Dan hal ini biasanya terjadi karena kamu mengalami kondisi Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD adalah kondisi dimana naiknya asam lambung di dalam tubuh menuju esophagus atau keorngkongan.

Nah kondisi ini memang sudah sering dialami orang banyak (apalagi warga +62). Apabila memang gak ingin mengalami GERD, maka pintar-pintarlah kamu membagi waktu antara waktu kerja dan makan kamu. Dan juga satu lagi, jangan STRES banget!

4. Berat Badan Yang Menurun

Kalau dipikir secara mendalam, sendawa kok bisa bikin kurus? Tapi percaya atau tidak, fenomena ini bisa banget terjadi.

Menurut pakar kesehatan pencernaan dari NYU School of Medicine, Rabia De Latour, MD, hal ini biasanya dikarenakan adanya sumbatan di usus atau karena sistem pencernaan kita sedang atau sudah tidak bisa mencerna makanan lagi dengan baik.

5. Diare

Sebenarnya hal sekecil apapun yang dibarengi diare, sudha dipastikan kondisi tubuh kita memang lagi gak bener banget.

Termasuk juga dengan diare yang diakibatkan setelah sendawa. Nah biasanya kalau kondisi ini terjadi, kemungkinan kita sedang mengalami Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau iritasi usus besar.

Nah berdasarkan penjelasan-penjelasannya ini, jadi kalau kamu mengalami kondisi sendawa yang mengkhawatirkan ini, jangan ragu lagi untuk langsung berangkat ke dokter oke?

Berikan Nilai Untuk Konten ini