Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali?

in
Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali?
Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali? | Source: idntimes.com

Makan tentu saja menjadi kebutuhan utama hidupmu kan? Begitu juga dengan minum. Bayangkan saja, bagaimana jika kamu tidak makan dan minum sama sekali selama sehari atau beberapa hari kedepan, apa yang akan terjadi? Yuk simak pembahasan dibawah!

1. Tidak makan selama 24 jam atau seharian penuh

Air putih dapat menjadi penunjang saat kamu tidak makan selama 24 jam, kamu bisa sedikit kuat, mengeluarkan energi normal dan menahan.

Lemak dapat menghasilkan energi saat kita 24 jam, begitu menurut laman Health Line. Pusing, lemas dan mual bisa menjadi efek samping saat kamu sama sekali tidak makan selama 24 jam.

2. Tidak makan selama 72 jam atau 3 hari penuh

Ketosis adalah hal yang bisa terjadi saat kamu tidak makan selama 72 jam, yaitu dimana asam lemak diubah menjadi energi. Cadangan glukosamu menipis karena hanya dapat bertahan sampai 48 jam.

Otak akan mulai terganggu karena kurangnya asupan glukosa ke otak dan mulai tidak fokus, begitu menurut Medical Daily. Tubuhmu juga akan mulai mengambil glukosa dari hati saat kamu benar-benar berhenti makan secara total.

ARTIKEL TERKAIT •
Makanan dan Minuman yang Baik Untuk Kucing Kampung

3. Tidak makan selama 240 jam atau 10 hari penuh

Kamu tidak akan bisa kembali berfikir jernih dan fokus ketika kamu sudah tidak makan selama 10 hari. Karena organ tubuhmu sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, terutama otak. Kebanyakan orang menyerah pada hari ke 10.

Tubuhmu mulai memakan dirinya sendiri dan otomatis akan berusaha mencari protein untuk dipecah menjadi energi, kamu juga mengalami penurunan berat badan yang pasti saja sangat dratis.

4. Tidak makan selama 504 jam atau 3 minggu penuh

Scientific American memberitakan bahwa ada seorang bernama Mahatma Gandhi, salah satu orang berpengaruh di India, melakukan mogok makan selama 3 Minggu dan hanya meminum air putih. Ia segera mendapat penanganan khusus dari dokter dan mengalami penuruan berat badan yang sangat drastis.

Saat kamu sudah tidak makan selama 3 Minggu, otakmu akan benar-benar tidak sanggup lagi bekerja secara optimal, kamu akan pingsan dan mudah terkena penyakit. Tubuh juga akan mengambil jaringan dan organ untuk dipecah menjadi energi, menurut laman medis Hello Sehat.

ARTIKEL TERKAIT •
Tudingan MSG Dalam Masakan China, Benarkah MSG Berbahaya?

5. Tidak makan selama lebih dari 3 minggu

Ketika ini, tubuh beresiko mematikan dirinya sendiri karena sudah tidak bisa menghasilkan energi. Kematian bisa terjadi di hari ke 40-60, sesuai kemampuan orang tersebut, kata Medical Xpress.

Nah gengs! Jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberi komentar dikolom komentar ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini