Kuku Membusuk? Pulihkan Dengan Cara Alami Ini

in
Kuku Membusuk? Pulihkan Dengan Cara Alami Ini, https://intisari.grid.id/
Kuku Membusuk? Pulihkan Dengan Cara Alami Ini, https://intisari.grid.id/

Kuku membusuk atau dengan kata lain adalah jamur kuku ini bisa dialami oleh siapa saja. Gangguan kuku yang satu ini tentu akan membuat kamu tidak percaya diri.

Pada awal kemunculannya, jamur kuku sering ditandai dengan bintik putih atau kuning pada ujung kuku. Lama kelamaan, kuku akan berubah warna, menebal, dan ujungnya menjadi rapuh.

Penyakit ini juga lebih sering terjadi pada penderita gangguan kekebalan tubuh seperti mereka yang memiliki penyakit diabetes, kanker, dan infeksi HIV. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Cara cepat mengatasi kuku membusuk

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jamur kuku sebagai berikut.

1. Baking soda

Baking Soda 20180114 140628
Baking Soda | Tribun News

Baking soda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati infeksi jamur kuku.

Caranya, campurkan baking soda dan air menjadi bentuk pasta. Oleskan pasta baking soda ke bagian kuku jari yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Baking soda dapat membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari kaki dan menetralisir bau kaki yang disebabkan oleh jamur.

2. Bawang putih

Kenali 5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan 181025b
Bawang Putih | Dream

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan ajoene yang memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Senyawa alami tersebut dipercaya dapat mengobati masalah jamur kuku.

Caraya, potong kecil-kecil beberapa siung bawang putih, lalu letakkan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur selama 30 menit sehari. 

3. Minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh Alodokter
Minyak Zaitun | Alodokter

Zaitun mengandung bahan antijamur dan antimikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Baik dalam bentuk minyak maupun salep, keduanya sama-sama dapat membantu mengatasi infeksi jamur kuku yang sedang dialami.

Caranya, oleskan minyak zaitun langsung ke bagian kuku yang terinfeksi, lalu tunggu selama beberapa saat. setelah itu, bilas hingga bersih dan pastikan area kuku benar-benar kering untuk mencegah perkembangan jamur.

4. Salep atau krem anti jamur

Cara yang pertama bisa mengunakan salep atau krem anti jamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara dioleskan pada kuku yang terinfeksi. Pastika kuku direndam dan ditiriskan terlebih dahulu sebelum krim diaplikasikan.

Penipisan kuku diperlukan supaya krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku, sehingga jamur kuku semakin mudah disingkirkan.

5. Pelapis kuku atau cat kuku

 Cat kuku atau pelapis kuku yang memiliki sifat anti-jamur yang bernama ciclopirox. Gunakan cat kuku ini untuk melapisi kuku dan kulit sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal penggunaannya, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya, pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan setiap hari.


Nah itulah dia Hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui soal Kuku Membusuk. Bagaimana pendapat kamu soal pembahasan ini? baca juga soal Bahan-Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam Sekejap.

Berikan Nilai Untuk Konten ini