Dampak Tidur Seharian pada Tubuh saat Puasa

in
Ilustrasi Tidur
Ilustrasi Tidur | Credit Image: Okezone - Muslim

Ada yang berbeda pada puasa di tahun ini, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Karena saat ini kita mengalami masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita meminimalisir berinteraksi di luar rumah.

Saat sedang tidak bekerja atau melakukan aktivitas rutin seperti biasa di luar rumah, apakah Anda pernah tidur seharian saat puasa?

Tak sedikit orang yang mengantuk saat puasa, sehingga memilih untuk tidur seharian hingga waktunya berbuka di sore hari. Namun ternyata meskipun tidak membatalkan puasa, tidur seharian tidak baik bagi tubuh.

Tidak Membatalkan Puasa

Menurut Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr H Syamsul Hidayat, orang yang tidur sepanjang hari saat berpuasa Ramadhan tidak membatalkan puasanya. Namun, hal tersebut menurunkan nilai pahala yang didapat dari puasa.

Apalagi jika tidur seharian bisa membuat orang tersebut melewatkan ibadah yang wajib dilakukan.

Kebiasaan Sehari-hari yang Berubah Saat Puasa

Tubuh kita mengalami penyusaian di bulan puasa. Yaitu pada pola makan, pola tidur, dan beberapa aktivitas lainnya yang berubah. Perubahan yang terjadi ini juga mempengaruhi jam-jam biologis dan metabolisme tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Anak-Anak Bisa Kena Serangan Jantung?

Saat puasa kita lebih banyak menghabiskan waktu di sore dan di malam hari. Misalnya seperti olahraga, bermain dengan keluarga di rumah, dan beribadah di malam hari.

Waktu tidur kita pun menjadi lebih pendek, karena kita harus bangun untuk sahur. Tanpa kita sadari, hal tersebut mengubah kebiasaan waktu tidur kita. Perubahan waktu tidur, akan membuat kita sering merasa ngantuk.

Rasa mengantuk inilah yang membuat kita cenderung mudah tertidur di saat puasa. Selain itu, perubahan kebiasaan yang terjadi saat puasa membuat sebagian orang menggunakan waktu libur untuk tidur seharian.

Dampak Tidur Seharian Saat Puasa

Tidur Seharian
Tidur Seharian | Kompas

Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur, dapat membuat tubuh kita menjadi lelah. Tidur lebih lama dibandingkan waktu yang dibutuhkan tubuh, tidak serta merta membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

Banyak orang yang merasa lesu setelah seharian tidur saat berpuasa. Menurut sebuah penelitian seperti yang kami kutip dari bobo.grid.id, terlalu banyak tidur justru akan terganggu pola tidur dan jam biologis atau ritme sirkadian di tubuhnya.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Tanpa Minum Air

Gangguan pada jam bilogis ini membuat seseorang menjadi lebih lelah karena seharian dihabiskan untuk tidur.

Berikan Nilai Untuk Konten ini