Tips Mudah Agar Cepat Tertidur

in
Tips Mudah Agar Cepat Tertidur
Tips Mudah Agar Cepat Tertidur | Source: magazine.job-like.com

Banyak orang yang mengalami kesusahan untuk tertidur di malam hari. Hal ini disebut insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang menyebabkan orang jadi sulit untuk tertidur.

Nah sebenarnya ada beberapa cara yang mudah dan praktis agar orang bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Berikut adalah tips mudah agar cepat tertidur

1. Tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya

Terapkan kedisplinan tidur kamu. Kamu harus tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Contohnya kamu tidur jam 10 malam dan kemudian bangun di jam 6 pagi setiap harinya.

Tentunya ini akan membuat tubuh kamu terbiasa tidur dan bangun di jam tersebut. Kamu bisa melatih diri kamu menggunakan alarm yang sudah dijadwalkan pada jam tersebut.

2. Matikan alat-alat yang membuat kamu susah tidur

Cobalah untuk mematikan alat-alat elektronik yang membuat kamu susah tidur. Contohnya handphone, televisi, dan alat-alat yang bisa mengganggu lainnya. Nah, saat kamu terbangun tengah malam, jangan langsung untuk mencoba menyalakan handphone, karena hal itu bisa membuatmu susah tidur kembali.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

3. Menghindari makanan sebelum tidur

Makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur memang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah tidur. Karena saat kamu tidur, tubuhmu bakal bekerja keras untuk memecah lemak, sehingga kamu sulit untuk tertidur.

Namun ada beberapa makanan atau minuman yang boleh di makan sebelum tidur. Contohnya susu, pisang, ubi jalar, kentang dan madu.

4. Berendam air hangat sebelum tidur

Mandi atau berendam air hangat sebelum tidur atau di malam hari bisa membuat tubuh kamu lebih rileks, dan pada akhirnya kamu akan lebih cepat tertidur dengan nyenyak.

5. Melakukan Latihan pernapasan

Selain itu, cara kamu agar cepat tertidur, bisa juga dengan melatih pernapasan kamu. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan kemudian tahan nafas selama beberapa detik, dan buanglah nafas secara perlahan melalui mulut.

Nah, cobalah untuk mengulangi hal ini sebanyak 4 atau 5 kali. Hal ini dipercayai bisa membuat kamu lebih cepat untuk tertidur.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

Berikan Nilai Untuk Konten ini