Hati-Hati, Penyakit Ini Bisa Muncul Saat Banjir

in
5 Penyakit Kulit Yang Sering Datang Saat Banjir
5 Penyakit Kulit Yang Sering Datang Saat Banjir | Source : seruni.id

Banjir datang karena hujan yang terus menerus terjadi dan membuat permukaan air menjadi naik. Banjir bisa menyebabkan kesehatan menjadi terganggu, dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Nah, selama sepanjang hari ini, sekarang di Jakarta sedang musim hujan. Kota tersebut terus diguyut hujan, maka tidak heran menyebabkan wilayah tersebut mengalami kebanjiran.

Nah, kulit dan bagian terluar tubuh merupakan bagian yang rentan sekali terkena dampak kesehatan dari banjir. Ada beberapa penyakit yang kerapkali muncul saat banjir. Berikut adalah penyakitnya :

1. Jamur Kaki

Candidal intertrigo merupakan jamur yang muncul pada kaki yang lembab akibat terlalu lama terendam banjir, untuk mengatasinya kamu dapat mencuci kakimu segera dengan air hangat setelah terendam air banjir.

2. Dermatitis Alergi

Jika kamu adalah orang yang sensitif dengan beberapa bahan kimia, maka berhati-hatilah saat terkena air banjir, air banjir yang kotor karena tercampur banyak bahan bahan kimia dan yang lainnya dapat membuat kakimu terkena dermatitis alergi.

3. Folikulitis

Keadaan dimana folikel rambut meradang pada bagian yang memiliki rambut merupakan penyakit Folikulitis. Sensasinya dapat nyeri, gatal dan tentu saja sangat mengganggu lalu membuat ketidaknyamanan pada penderitanya.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyakit Darah Tinggi Karena Sering Marah-marah, Apa Benar?

4. Eksim

Eksim merupakan dermatitis yang paling umum terjadi ketika dimusim hujan apalagi saat banjir. Eksim ini menyebabkan maserasi pada kulit disela-sela jari kaki dan terjadi akibat adanya kolonisasi bakteri sekunder turunan dari infeksi jamur.

5. Kutu Air

Kutu air juga merupakan penyakit yang umum terjadi saat banjir atau ketika bagian tubuh tertentu terlalu lama terendam air. Suhu yang terlalu lembab dan terus menerus juga dapat menyebabkan kutu air menjangkit kalian.

6. Demam Berdarah

Banjir juga menyebabkan munculnya penyakit yang diakibatkan oleh hewan-hewan penyebab penyakit, contohnya tikus, ular dan nyamuk.

Banjir bisa membuat nyamuk berkembang biak, yang memunculkan penyakit malaria, demam berdarah yang disebabkan oleh west nile virus.

Nah, itulah penyakit-penyakit yang bisa muncul saat banjir melanda. Jadi untuk kalian, tetap hati-hati dan selalu jaga kesehatan ya, agar tidak ada kejadian-kejadian buruk yang tidak diinginkan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini