Ini 6 Manfaat Jus Jeruk yang Luar Biasa Untuk Tubuh

in
Manfaat Jus Jeruk Antioksidan Yang Melimpah
Manfaat Jus Jeruk Antioksidan Yang Melimpah

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Jeruk merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Manfaat jus jeruk pun sangat luar biasa. Rasanya juga yang manis dan segar, membuat sensasi memakan buah ini sangat menggairahkan. Kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa hidangan, salah satunya menjadi jus.

Jus jeruk memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh. Karena, seperti yang kita ketahui jeruk mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Terlebih jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, uhh beribu-ribu manfaat akan kamu dapatkan. Berikut 6 manfaat jus jeruk bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat jus jeruk yang luar biasa bagi tubuh kita

1. Nutrisi yang terkandung sangat bermanfaat bagi tubuh

Manfaat Jus Jeruk Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Detik
Foto: https://www.detik.com/

Nutrisi yang ada pada jus jeruk memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Berdasarkan data dari Food Data Central yang diterbitkan oleh Departement Pertanian Amerika Serikat (USDA), setiap 100 ml jeruk memiliki kandungan nutrisi, yaitu sebagai berikut:

  • Total energi: 46 kcal
  • Total lemak: 0 gram
  • Gula: 9,58 gram
  • Magnesium: 12 mg
  • SodiumL 6 mg
  • Protein: 0,83 gram
  • Karbohidrat: 11,7 gram
  • Kalsium: 8 gram
  • Potasium: 196 gram
  • Vitamin C: 196 mg

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Buat Anak Suka Makan Sayur, Bunda Harus Coba

Wow, begitu banyak kandungan yang bermanfaat dari jeruk ini ya. Apalagi kalau kita mengkonsumsinya secara rutin.

2. Manfaat jus jeruk mengandung antioksidan yang melimpah

Kaya Akan Nutrisi Okezone
Foto: https://www.okezone.com/

Jus jeruk mengandung aktiosidan yang baik bagi tubuh. Sebagaimana kita ketahui, tubuh sangat memerlukan senyawa yang satu ini. Hal ini karena, antioksidan berkhasiat untuk mencegah datangnya penyakit berbahaya, seperti kanker atau jantung.

Menurut laporan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry”, senyawan antioksidan yang terdapat pada buah jeruk adalah senyawa karotenoid dan falvonoid. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh “Food & Nutrition Research”, menjelaskan setiap manusia mengkonsumsi sebanyak 750 ml jeruk seama 8 minggu secara rutin, akan membuat kadar antioksidan pada tubuh akan naik secara drastis.

3. Mencegah datangnya penyakit batu ginjal

Mencegah Penyakit Batu Ginjal Viva
Foto: https://www.viva.co.id/

Siapa sih yang mau menderita penyakit berbahaya ini. Batu ginjal adalah keadaan yang membuat ginjal menjadi rusak jika dibiarkan begitu saja. Nah, ternyata nih manfaat jus jeruk dapat membuatmu tercegah dari penyakit yang satu ini.

Baca Juga: 4 Makanan Sehat Yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Ginjal

Menurut laporan pada “Clinical Journal of the American Society of Nephrology”, menyebutkan jika mengkonsumsi jus jeruk secara rutin dapat mampu menambah pH urine. Yakni kondisi basa pada urine yang ampuh untuk terhindar dari resiko penykit batu ginjal.

4. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Kadar Kolestrol Yang Baik Klikdokter
Foto: Klikdokter.com

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler. Yang dimana penyakit ini dapat membuat seseorang kehilangan nyawanya. Walaupun tidak semua kplesterol bisa menyebabkan penyakit, namun setidaknya kita harus mendapatkan kolesterol yang sehar bagi tubuh.

Kolesterol yang baik adalah high-density lipoprotein (HDL) yang memiliki peran untuk membasi kolesterol jahat atau low-desity lipoprotein (LDL). Berdasarkan penelitian dalam jurnal “American Society for Clinical Nuritition”, manfaat jus jeruk dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sampai 27 persen dan menurunkan kadar kolestrol buruk sebanyak 20 persen.

5. Manfaat jus jeruk membuat kulit sehat dan glowing

Manfaat Jus Jerut Dapat Membuat Kulit Glowing
Sumber: https://www.viva.co.id/

Manfaat jus jeruk yang terkahir adalah mampu membuat kulit cerah bersinar. Mengutip dari laman NDTV Food, radikal bebas mampu musnah dengan mengkosumsi jus jeruk. Karena di dalamnya terkandung antioksidan dan Vitamin C yang alami. Kulit kusam dan penuaan dini ini disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C yang terkandung pada jeruk ini lah yang mampu mengatasi radikal bebas. Sehingga kulit akan tampak lebih sehat, cerah, dan glowing. Sehingga kamu akan terlihat awet muda.

Baca Juga: 5 Buah Yang Sebaiknya Jangan Simpan Pada Kulkas

Nah, itulah 5 manfaat jus jeruk yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Kalau buah-buahan sudah pasti semuanya baik bagi tubuh. Oleh karena itu, biasakan tubuh untuk rutin dan teratur mengkonsumsi buah-buahan. Agar kesehatan dan kecantikan tubuh tetap terjaga, ya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.