Jangan Buang Teh Celup Bekas, Ternyata Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Mata

in
Teh Celup 20170719 150727
Credit Image: Serambi Indonesia

Setelah membuat teh, biasanya kita akan langsung membuang teh celup bekas tersebut. Ternyata, teh celup yang sudah diseduh, bermanfaat untuk kesehatan mata.

1. Mengurangi Peradangan atau Mata Bengkak

Terkadang setelah bangun tidur atau sehabis menangis, mata kita akan terlihat bengkak. Kita bisa mengatasinya dengan mengompres menggunakan teh celup hijau atau teh hitam. Dua jenis teh tersebut mengandung flavonoid, yaitu tanin yang mampu mengempeskan mata bengkak.

2. Menyembuhkan mata merah

Mata adalah organ yang sensitif, tak jarang menjadi merah dan iritasi akibat debu dan kotoran. Kantung teh chamomile, teh calendula, dan teh adas bekas seduhan mampu mengatasi mata merah.

Kompres mata menggunakan salah satu dari ketiga teh tersebut, lakukan secara rutin.

3. Mengurangi lingkar hitam di bawah mata

Lingkar hitam di bawah mata disebabkan pembuluh darah yang membesar karena kekurangan tidur. Pembuluh darah yang mengalirkan darah berpigmen darah berpigmen merah, biru, dan ungu akan tampak dengan jelas karena kulit bawah mata kita sangat tipis.

ARTIKEL TERKAIT •
Selain 2 Kebiasaan Ini, Mata Minus Juga Bisa Disebabkan Faktor Keturunan

Kita bisa mengompres dengan menggunakan teh hijau atau teh hitam yang sudah diseduh. Penggunaan secara rutin akan menghilangkan lingkar hitam di bawah mata tersebut.

4. Mengatasi mata bintitan

Bintitan adalah keadaan di mana mata kita akan terasa nyeri saat berkedip. Bintitan disebabkan menumpuknya kotoran dan bakteri yang menyumbat di sekitar bulu mata hingga menyebabkan infeksi.

Untuk mata bintitan, kita sudah bisa menggunakan teh celup biasa yang sudah disentuh sebagai kompres. Gunakan secara rutin dibarengi dengan membersihkan mata secara perlahan dan halus dengan bahan yang lembut, akan mengobati mata bintitan.

Namun untuk hasil yang lebih baik, gunakan teh hitam dan teh chamomile. Kedua jenis teh ini bersifat antibakteri sehingga bisa mengatasi kuman sekaligus mencegah iritasi pada mata.

Berikan Nilai Untuk Konten ini