Manfaat Makan Dengan Tangan Tanpa Sendok Untuk Tubuh

in
Makan Dengan Tangan
Makan Dengan Tangan | Credit Image: IDN Times

Sendok dan garpu merupakan alat makan yang biasanya digunakan ketika sedang makan. Di beberapa negara di Asia, bahkan mayoritas masyarakat di sana menggunakan sumpit.

Namun di Indonesia, meskipun tidak sedikit yang menggunakan sendok bahkan sumpit ketika makan, menggunakan tangan secara langsung pun tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan tersebut sudah mendarah daging.

Kebiasaan menggunakan tangan secara langsung ketika makan pun juga kerap dilakukan masyarakat di beberapa negara Timur Tengah.

Lalu, apakah manfaat makan menggunakan tangan secara langsung bagi tubuh? Yuk disimak ulasan berikut ini.

1. Memberi Tahu Otak dan Pencernaan

Indera peraba kita yang terletak pada kulit, akan mengirimkan sinyal ke otak saat tangan kita mulai menyentuh makanan. Sinyal tersebut memberitahu otak bahwa makanan akan datang ke tubuh.

Otak akan mengirimkan sinyal ke pencernaan bahwa makanan akan segera datang, oleh karena hal ini, pencernaan akan lebih siap dalam menerima makanan. Jika pencernaan sudah siap menerima makanan sebelum makanan datang, perut kita akan lebh nyaman ketika menerima makanan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
DPR Menentang Pemerintah Agar Tidak Menaikkan Iuran BPJS

2. Bakteri Baik

Kita sudah pernah membahas perbedaan virus dan bakteri, ‘kan? Di pembahasan tersebut kita sudah mengetahui bahwa meskipun jumlah bakteri banyak, namun hanya sekitar 1% yang menyebabkan penyakit.

Nah, sebelum kita makan menggunakan tangan, kita harus mencuci tangan kita terlebih dahulu. Hal ini supaya tangan kita terhindar dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan penyakit.

Selain itu, di tangan kita juga ternyata banyak bakteri baik. Bakteri baik ini akan menjaga mulut, tenggorokan, dan usus kita dari bakteri jahat.

3. Lebih Teratur

Makan dengan tangan, akan membuat kita mengambil makanan secukupnya. Selain itu, makan dengan tangan juga akan membuat kita makan secara perlahan dan pelan. Itu karena dibutuhkan waktu lebih lama mengambil makanan dengan tangan dibandingkan menggunakan sendok.

Menurut penelitian, makan secara perlahan bisa mengurangi resiko terkena diabetes. Tak hanya itu, makan secara perlahan pun membuat makan kita lebih teratur dan menghindari tersedak.

4. Menghindari Makanan Panas

Dibandingkan menggunakan sendok, makan menggunakan tangan bisa membuat kita mengetahui kadar panas sebuah makanan yang hendak kita makan. Dengan begitu, kita bisa mendiamkan dulu sejenak makanan tersebut sebelum masuk ke mulut kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, dan Pilek

Jika sudah tidak terlalu panas pun, tangan kita akan lebih menyerap panas dari makanan tersebut, sehingga mulut kita tidak akan merasakan sensasi panas ketika makanan tersebut masuk.

Berikan Nilai Untuk Konten ini