Mengapa Kulit Kita Sangat Membutuhkan Vitamin E?

in
Ilustrasi Vitamin E
Ilustrasi Vitamin E

Vitamin E merupakan satu dari banyak jenis vitamin yang banyak terkandung di dalam produk perawatan kulit. Karena di dalam Vitamin E terkandung antioksidan yang sangat bagus untuk melawan anti aging dan beberapa masalah pada kulit lainnya. Lantas, mengapa Vitamin E sangat dibutuhkan oleh kulit kita?

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki khasiat antioksidan yang dapat memperlambat rusaknya sel-sel pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin E sering dikenal dengan sebutan tokoferil asetat atau tokoferol di dalam daftar produk perawatan kulit.

Kandungan pada Vitamin E sangat dibutuhkan oleh kulit, baik itu semua jenis kulit. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sering berminyak, dianjurkan mengurangi penggunaan Vitamin E pada perawatan kulit kamu. Mengapa demikian? Karena Vitamin E memiliki sifat acnegenic, sifat yang mudah mendatangkan jerawat pada kulit berjerawat dan berminyak.

Apa manfaat Vitamin E pada kulit kamu?

1. Sebagai Anti-Inflammatory

Ilustrasi Anti Inflammatory
Ilustrasi Anti Inflammatory | Pikiran Rakyat

Vitamin E mampu membuat kulit untuk melawan peradangan dan agar tetap kenyal dan lembab. Dan juga, berdasarkan studi yang telah dilakukan menyebutkan, Vitamin E dapat mengurangi efek dermatitis atopic, yang membuat kulit menjadi gatal, merah, dan iritasi.

2. Antioksidan yang kuat

Ilustrasi Antioksidan
Ilustrasi Antioksidan | Tribunnews Bogor

Sebab utama yang membuat penghalang alami kulit menjadi melemah dikarenakan oleh radikal bebas. Nah, dengan sifat antioksidan yang terdapat di dalam Vitamin E, gejala kerusakan kulit dapat dilawan. Berdasarkan sebuah studi menyatakan bahwa, kulit yang terpapar langsung oleh sinar UV dapat menurunkan kadar Vitamin E pada kulit sampai 50 persen.

Maka dari itu, kulit membutuhkan produk perawatan kulit dengan kandungan Vitamin E untuk mendapatkan kadar Vitamin E yang hilang, agar kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

3. Membantu pemulihan Luka dan Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark
Ilustrasi Stretch Mark | Domigado.com

Bukan hanya bermanfaat pada kulit wajah, Vitamin E juga berguna pada kulit tubuh kamu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin E mampu membantu pemulihan luka, seperti luka akibat pembedahan, luka bakar, sampai stretch mark.

Demikian alasan pentingnya Vitamin E dalam merawat kulit. Penggunaan Vitamin E yang rutin dan teratur tentunya akan bermanfaat bagi kamu. Memiliki kulit yang cerah dan sehat akan menambah tingkat percaya diri seseorang dalam menjalankan aktivitas. Jangan mau di cap sebagai orang yang tidak bersih ya.