5 Manfaat Baik Minum Teh Bagi Kesehatan

in ,

Teh mengandung sejuta mafaat baik teh hijau maupun teh hitam, kamu bisa mengonsumsinya sesuai kebutuhan dan selera. Bagi kamu yang pencinta teh, maka artikel ini bisa menjadi bahan bacaan yang pas.

Menikmati aroma teh hangat juga bisa menjadikanmu lebih tenang. Selain  punya rasa dan aroma yang nikmat, teh ternyata punya segudang manfaat untuk tubuhmu.

Mau tahu apasaja manfaat minum teh untuk kesehatan? Berikut penjelasannya!

1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

026456200 1526631749 Menilik Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut By Y Photo Studio By Rido Shutterstock 159748715
Ini 5 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan | klikdokter

Teh menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air. selain itu teh tidak seperti kebanyak minuman lainnya yang mengikis enamel gigi.

Salah satu khasiat teh adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, hal ini berlaku hanya untuk teh yang tidak mengandung gula atau pemanis tambahan.

Mengkonsumsi teh secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

2. Menjaga fungsi kognitif otak

2126209007
5 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan | lifestyle.kompas

Senyawa antioksidan yang terdapat didalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

ARTIKEL TERKAIT •
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Oleh Tubuh untuk Mencerna Makanan?

3. Manfaat Teh untuk Gangguan Pencernaan

363a4293 9740 4b32 B20b 6a85cf2cd965
5 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan | endeus

Teh hitam maupun teh herbal dikenal dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Saat merasa mual atau setelah muntah, kamu disarankan untuk meminum secangkir teh hangat dengan campuran jahe untuk menenangkan rasa mual tersebut. Pasalnya, teh dapat mengurangi rasa mual secara efektif.

4. Manfaat Teh untuk Penderita Diabetes

Perlukahpengidapdiabetescekguladarahsaatpuasahalodoc
Ini 5 Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan |halodoc

Konsumsi teh hijau secara rutin dapat menjaga kadar gula darah yang ekstrem. Kandungan polisakaridanya bisa menghambat penyerapan glukosa oleh tubuh sehingga mencegah diabetes.

Peneliti juga mengatakan bahwa dengan mengonsumsi teh, kadar gula yang dihasilkan dari aktifitas “ngemil” dapat diredam. Tim Bond dari Tea Advisory Panel melakukan penelitian pada 24 responden. Setengah dari responden mrmiliki kadar jumlah normal dan setengah lainnya telah didiagnosis mengalami pra-diabetes.

5. Teh Mengurangi Risiko Kanker

5 Manfaat Baik Minum Teh Bagi Kesehatan | liputan6

Kanker menjadi penyakit mematikan di dunia. Selain jenisnya makin banyak, penyakit satu ini juga menyerang orang-orang berusia muda atau produktif.

Kandungan antioksidan dalan daun teh bisa menurunkan risiko kanker tertentu. Banyak studi mengatakan bahwa jika Anda memiliki riwayat kanker keluarga yang kuat, Anda bisa tingkatkan konsumsi teh.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

Itulah beberapa manfaat dari teh untuk kesehatan tubuh. Namun, konsumsi dalam jumlah kecil tidak memberikan efek jangka panjang. Jangan lupa dibaca juga Jangan Buang Teh Celup Bekas, Ternyata Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Mata(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini