4 Penyakit Yang Membuat Penderitanya Tidak Boleh Makan Buah Salak

in ,
Kondisi Penyakit Yang Membuat Penderitanya Tak Boleh Makan Salak
Kondisi Penyakit Yang Membuat Penderitanya Tak Boleh Makan Salak

Pernahkah kamu mengkonsumi buah salak? Buah ini sudah tidak asing lagi terdengar bagi masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang enak, buah salak juga sangat mudah untuk ditemukan. Dengan ciri kulit yang kasar dan warnanya yang gelap membuat buah ini memiliki ciri khas tersendiri.

Buah salak juga dikenal dengan sebutan snake fruit, karena tekstur kulis ular yang kasar dan mirip seperti kulit ular. Tak sedikit orang yang mempercayai mitos bahwa kalau kita banyak makan buah salak, maka kita akan menderita sembelit atau susah untuk buang air besar.

Padahal fakta itu jelas salah, nyatanya buah salak sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita. Kandungan antioksi dan vitamin C yang ada pada buah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bukan hanya bagian dagingnya saja, kulit ari yang berfungsi melapisi bagian dalamnya ini berguna sebagai menyehatkan mata. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah ini. Ada suatu kondisi seseorang yang menderita penyakit tidak boleh mengkonsumsi buah ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Sebaiknya Menghindari Makanan ini Ketika Perut Sedang Kosong

Penyakit Darah Tinggi Karena Sering Marah-Marah, Apa Benar?

1. Penderita penyakit maag

Orang Yang Menderita Sakit Maag
Orang Yang Menderita Sakit Maag | via ps://zonanusantara.com/

Penderita penyakit yang pertama disarankan tidak memakan buah ini adalah seseorang yang sedang mengalami sakit maag. Kandungan yang ada pada buah salak dapat membuat lapisan perut menjadi luka jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan.

Akan tetapi sangat tidak disarankan bagi penderita sakit maag untuk mengkonsumsi buah ini. Yang ada malah membuat sakit maag menjadi tambah parah.

2. Penderita konstipasi

Sulit Buang Air
Sulit Buang Air | via https://www.alodokter.com/

Konsitpasi adalah suatu kondisi dimana seseorang sulit untuk buang air besar. Agar tidak memperparah keadaan, jangan sampai sesekali memakan buah salak. Karena salak mengandung serat yang tinggi.

Harus Tau, Penyakit Menakutkan Bisa Dihindari Dengan Mengonsumsi Satu Gelas Jus Jus Sirsak Tiap Harinya

Tapi, bagi orang yang menderita diare sangat dianjurkan untuk memakan buah ini. Buah salak mampu mengatasi penyakit diare yang diderita seseorang.

3. Penderita ulkus perut

Penderita Ulkus Perut
Penderita Ulkus Perut | via https://cantik.tempo.co/

Penderita ulkus atau luka pada perutnya sangat dilarang memakan buah salak. Karena bisa menyebabkan kondisi luka pada perutnya menjadi tambah parah. Meskipun sangat teringin mengkonsumsi buah ini, tapi keinginan itu harus ditahan dulu sampai luka pada perut sembuh.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Disebabkan Oleh Tikus

4. Penderita penyakit tipus

Penderita Penyakit Tipus
Penderita Penyakit Tipus | via https://www.wajibbaca.com/

Jika kamu sedang menderita penyakit tipus mesti berhati-hati dalam memilih makanan. Dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi salah satunya adalah buah salak ini. Kandungan yang ada padanya ternyata bisa mengakibatkan penyakit yang diderita semakin parah dan malah membuat sulit untuk disembuhkan.

5 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Disebabkan Oleh Tikus

Itulah beberapa kondisi penyakit yang membuat penderitanya tidak boleh mengkonsumsi buah salak. Ini demi kesembuhan, jangan turutkan keinginan di atas kesembuhan. Jika sampai terjadi, maka penyesalan yang akan datang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.