Penyebab ASI Tidak Bisa Keluar

in ,
Penyebab ASI Tidak Bisa Keluar
Penyebab ASI Tidak Bisa Keluar

Kebutuhan dasar bayi sekaligus makanan pertamanya di dunia adalah ASI, namun ada beberapa kasus ASI tidak bisa keluar. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa kasus, kenali penyebab ASI berikut ini.

Ibu mengalami stress

Trauma setelah persalinan bisa menyebabkan ASI tidak keluar, loh. Bagi kamu yang menjalani proses persalinan dengan operasi caesar, hal tersebut memiliki peluang lebih besar untuk memicu stress

Secara tidak langsung stress dapat mempengaruhi hormon dan berdampak pada ASI tidak keluar setelah melahirkan.

Bentuk puting yang tidak biasa

Salah satu penyebab ASI sedikit atau bahkan tidak kelaur adalah anatomi payudara seorang ibu yang tidak biasa, seperti putih terbalik, Puting rata atau malah puting yang besar dan panjang

Kondisi-kondisi tersebut bisa menjadi penyebab bayi kesulitan melakukan pelekatan sempurna untuk menyusui.

Kehilangan banyak darah setelah melahirkan

Kehilangan banyak darah lbih dari 500 mililiter (ml) setelah melahirkan bisa membuat ASI tidak keluar, biasanya ASI tidak keluar disebabkan oleh ibu yang mengalami pendarahan setelah melahirkan.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Kamu Masih Nekat Berkendara Menerjang Banjir

Hal ini bisa mengganggu kerja kelenjar hipofisis di otak yang mengontrol hormon laktasi untuk memproduksi ASI.

Cairan infus selama persalinan

Penggunaan cairan intravena atau cairan infus selama proses persalinan bisa menjadi penyebab ASI tidak keluar, cairan infus dapat mempengaruhi payudara sehingga menyebabkan bengkak dan ASI tidak keluar sampai payudara kembali normal.

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat beresiko untuk mengalami penurunan produksi ASI. Terkadang justru ASI tidak keluar atau hanya keluar sedikit.

Newby dan tim penelitinya telah mensurvei 462 ibu dan memberi mereka kuesioner 1 kali sebelum bayi lahir dan 6 kali selama tahun pertama kelahirannya.

Hasil studi tersebut menunjukan bahwa adanya kecenderungan ibu yang mengalami obesitas tidak percaya diri untuk menyusui. Kecanggungan tersebut membuat ibu jarang memberi ASI pada si kecil yang berdampak pada keringnya ASI.

Gangguan hormon

Produksi SI sangat dipengaruhi oleh kondisi hormon prolaktin yang dihasilkan tubuh saat hamil dan setelah melahirkan.

Bila sebelumnya kamu pernah mengalami gangguan hormon atau butuh perawatan kesuburan agar bisa hamil, kemungkinan hal ini yang menjadi penyebab ASI ibu kering.

Berikan Nilai Untuk Konten ini