Saat Menggunakan Masker, Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya

in
Sakit Tenggorokan Gejala Corona| gooddoctor
Saat Menggunakan Masker Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya

Mengunakan masker saat berada diluar rumah merupakan salah satu cara efektif untuk menghimdari penyebaran Covid-19.

Menurut sfcdcp.org, penggunaan masker berguna untuk mencegah penularan penyakit, mencegah iritasi, mencegah kambuhnya alergi akibat udara, juga melindungi diri dari paparan polusi udara.

Namun, disisi lain, memakain masker juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tidak sedikit orang yang mengeluh mengalami sakit tenggorokan yang menjadi salah satu efek negatif dari pemakaian masker dalam jangka panjang.

Sakit tenggorokan akibat pemakaian masker, mengapa hal ini terjadi?

95295848
Sakit tenggorokan akibat pemakaian masker, mengapa hal ini terjadi? |health.grid

Menghimpun data Cleveland Clinic, pakar pengobatan medis Neha Vyas mengatakan memakai masker terlalu lama memang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Menurutnya, orang-orang cenderung harus berbicara lebih keras agar bisa didengar oleh lawan bicara ketika memakai masker.

Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan ketegangan pada tenggorokan yang memicu rasa sakit.

Selain itu, virus atau kuman yang terperangkap di dalam masker juga bisa menyebabkan sakit tenggrokan.

Cara mengatasi tenggorokan yang terasa sakit

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kebersihan masker. Memastikan kebersihan masker yang akan kita pakai, Vyas menyarankan kita untuk sebisa mungkin membatasi diri agar tidak menyentuh atau melepas masker. Pastikan tangan kita bersih saat melepas dan memakainya kembali.

ARTIKEL TERKAIT •
Tudingan MSG Dalam Masakan China, Benarkah MSG Berbahaya?

Berkonsultasi dengan dokter

Sakit Tenggorokan Ilustrasi 111121102523 587
Saat Menggunakan Masker Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya |republika

Untuk mengatasi rasa sakit ditenggorokan yang sudah terjadi, kata bisa menggunakan obat antihistamin atau obat anti-inflamasi yang dijual bebas, seperti asetaminofen dan ibuprofen. Untuk memastikan cara terbaik menangani sakit tenggorokan, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter.

Pastikan masker yang digunakan bersih

Kumpulan Video Cara Membuat Masker Dari Kain Dari Yang Paling Sederhana Hingga Perlu Dijahit
Pastikan masker yang digunakan bersih

Sedangkan untuk memastikan kebersihan masker yang akan di gunakan, sebaiknya bisa mencucinya dengan tepat. Jika mencucinya dengan mesin, gunakan pengaturan suhu terpanas untuk menetralkan mikroba.

Keringkan di tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari paling tinggi atau menggunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu tertinggi untuk membasmi semua patogen yang tersisa pada masker.


Virus dan kumat biasanya terperangkap di masker yang telah kita gunakan, sehinga menyebabkan tenggorokan menjadi sakit. Maka penting untuk menjaga kebersihan masker. Baca juga 5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini