Tetap Aman Belanja Kebutuhan Sehari-hari Selama Pandemi

in
Ilustrasi Berbelanja
Ilustrasi Berbelanja | Credit Image: IDN Times

Seperti yang kita ketahui, selama pandemi COVID-19 ini, semakin banyak kita berinteraksi dengan orang lain, semakin tinggi pula risiko kita terpapar dan menularkan COVID-19. Salah satunya ialah berbelanja kebutuhan sehari-hari, di masa pandemi ini, kebutuhan dan ketersediaan pangan menjadi hal yang sangat penting.

Nah, bagaimana cara tetap aman belanja kebutuhan sehari-hari selama pandemi? Berikut ulasannya!

1. Perhatikan keamanan

Buat daftar barang yang ingin Anda beli sedetail mungkin sehingga Anda tidak perlu berkali-kali keluar rumah lagi. Jangan lupa gunakan masker saat berbelanja, selain itu bawa juga kain dan cairan pembersih untuk mengelap keranjang atau trolli belanjaan sebelum Anda menyetuhnya.

Dan di saat Anda mengantre, usahakan jaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain.

2. Singkat waktu berbelanja

Gunakan Masker Saat Berbelanja
Gunakan Masker Saat Berbelanja | Leia

Hindari kontak fisik dengan orang lain, jangan berdiam terlalu lama di lorong supermarket terlebih dengan jumlah orang yang banyak. Mintalah bantuan petugas untk menghemat waktu mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Selain itu, hindari menyentuh banyak barang.

ARTIKEL TERKAIT •
Jepang Memberikan 2.000 iPhone Untuk Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess

3. Pembayaran nontunai

Sebaiknya gunakan pembayaran nontunai dari ponsel Anda, sehingga Anda tidak perlu menyentuh uang kembalian atau mesin kartu.

4. Bersihkan tangan

Bersihkan Tangan
Bersihkan Tangan | HJ Generik

Setelah Anda membayar dan meninggalkan toko, segeralah cuci tangan Anda dengan sabun dan air yang mengalir. Jangan lupa juga untuk membuang kemasan beberapa produk dan bungkus plastik atau kantung kresek belanjaan Anda.

Setelah Anda meletakkan barang belanjaan Anda di lemari es atau lemari, cucilah tangan Anda kembali. Setelah itu, ganti baju dan bersihkan ponsel yang sudah Anda gunakan tadi.

5. Persiapan dan penyajian makanan

Virus pada makanan bisa dimatikan dengan cara memasaknya atau membekukannya. Meskipun belum ada bukti atau penelitian tentang COVID-19 dapat ditularkan lewat makanan, sebaiknya Anda mencuci terlebih dahulu sayur-sayuran atau buah-buahan, terlebih jika memakannya saat mentah.

Sangat penting merenakan apapun di saat masa pandemi seperti ini, termasuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dengan mengetahui bagaimana virus ditularkan, memungkinkan kita menjadi lebih waspada selama menghadapi pademi virus COVID-19 ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali Efek Berbahaya Membawa Anak Kecil ke Bioskop

Sumber: National Geographic Indonesia

Berikan Nilai Untuk Konten ini