Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat

in
Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat
Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat | Source: hellosehat.com

Banyak orang kelebihan berat badan yang ingin menurunkan beratnya. Sebaliknya banyak juga orang yang bertubuh kurus yang menginginkan berat badan yang lebih besar dari berat sebelumnya.

Bukan hal yang salah jika orang-orang menginginkan hal itu karena ingin memiliki tubuh yang lebih berisi.

Nah, berikut ini adalah cara menaikan berat badan yang sehat

1. Lebih sering makan

Biasanya jika kamu punya badan yang kurus dan berat yang kurang ideal, kamu akan sering merasa kekenyangan dengan makan 2 sampai 3 kali sehari dalam porsi besar.

Nah cobalah makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil. Misalnya 5 sampai 6 kali dalam sehari. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah menaikan berat badan tanpa merasa kenyang.

2. Makan makanan kaya akan nutrisi

Walaupun makanan junk food atau makanan cepat saji bisa menambahkan berat badan. Namun cara ini bukanlah cara yang baik.

Nah maka dari itu memilih makanan yang kaya akan nutrisi sangat bagus untuk menaikan berat badan kamu, selain itu juga bisa selalu menjaga kesehatan kamu. Contohnya, susu, sayur, buah-buahan, daging, dan kacang-kacangan.

3. Kosumsi smoothies atau shake

Daripada mengosumsi kopi ataupun soda, lebih baik kosumsi minuman smoothie atau milk shake. Smoothie merupakan minuman kental yang dibuat dari buah mentah, sayuran, dan juga kadang-kadang menggunakan produk susu, dan kemudian diblender hingga menjadi sebuah minuman.

Nah sedangkan milk shake merupakan susu kocok, yang di mana terdapat campuran susu, es krim dan juga sirup. Nah, kamu juga bisa menambahkan flaxseed atau almond ke dalam smoothies ataupun milk shake untuk menambahkan lebih banyak kalori dan protein.

4. Memilih makanan padat kalori

Cobalah untuk makan-makanan yang padat kalori, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, mentega, coklat hitam ataupun buah yang dikeringkan.

Kamu tidak perlu makan banyak karena makanan seperti ini merupakan makanan yang padat akan kalori. Selain itu, alpukat dan mangga juga pilihan yang tepat karena termasuk tinggi kalori.

5. Cermati kapan waktu terbaik untuk minum

Pada sebagian orang, minum pada saat makan dapat mengurangi nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Nah, untuk itu cobalah cari waktu yang pas untuk minum.

Contohnya sebelum kamu makan atau setelah makan. Kamu juga bisa dapat meminum minum-munuman yang tinggi akan kalori, seperti jus buah agar tetap mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

6. Anda bisa perbanyak camilan

Kamu juga bisa perbanyak cemilan yang bergizi tentunya. Seperti roti, kacang-kacangan, buah segar, selai, keju dan sandwich. Namun cobalah untuk menghindari camilan seperti permen, cokelat, kentang dan camilan yang tinggi kalori dan lemak. Kamu bisa memilih yogurt sebagai pencuci mulut setelah makan.

7. Tetap rutin berolahraga

Cobalah untuk rutin berolahraga untuk meningkatkan massa ototmu. Karena meningkatkan massa otot kamu juga merupakan cara menambah berat badan yang sehat. Nah, olah raga yang teratur juga bisa meningkatkan nafsu makan kamu.