5 Cara Aman Bersepeda Selama Pandemi Corona, Haruskah mengunakan Masker?

in , ,
Aman Bersepeda Saat Memakai Masker Simasinsurtech Hearder
Aman Bersepeda Saat Memakai Masker https://simasinsurtech.com/Simasinsurtech Hearder

Pandemi virus Corona yang menyebar diberbagai negara tak kecuali Indonesia, pemerintah menganjurkan bagi masyarakat agar tetap berada di rumah, dan dilarang keluar kecuali untuk keperluan mendesak.

Hampir semua tempat ditutup termasuk pusat kebugaran sarana olahraga. Tak ada cara lain untuk mehilangkan kebosanan selama dirumah aja, banyak orang memilih bersepeda sebagai aktivitas olahraga fisik.

Karena pandemi Corona belum berakhir, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker dan menjaga jarak saat keluar rumah.

Haruskah bersepeda memakai masker?

Menurut Patrick Davitt, direktur program ilmu sains kesehatan, kalau tempat bersepeda atau olahraga lainnya enggak membuat kita bertemu banyak orang, kita bisa saja enggak menggunakan masker.

“Dan kalau kamu melihat seseorang di jalur yang akan kamu lalui, seberangi jalan dan menjauhlah,” kata Davitt.

Berikut beberapa tips bersepeda aman selama pandemi corona.

1. Pilih masker kain yang nyaman

Sepeda Jadi Prioritas Untuk Mobilitas Warga Dki Saat Psbb Transisi 4 169
Sepeda Jadi Prioritas Untuk Mobilitas Warga Dki Saat Psbb Transisi https://health.detik.com/

Cukup gunakan masker yang dapat menahan droplet. Kemudian disarankan untuk tidak mengunakan. Pastikan menjaga jarak dan rutin cuci tangan dan ganti pakaian yang kamu gunakan saat gowes.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Sederhana Agar Akhir Pekan Kamu Lebih Produktif

2. Bersepeda dengan intensitas ringan-sedang

203607431p
203607431p https://kesehatan.kontan.co.id/

Demi menjaga daya tahan tubuh, Cukup optimalkan waktu 30 atau 60 menit saja. Tak perlu terburu-buru dan terlalu lama bersepeda,  Sebab dibutuhkan oksigen yang sangat tinggi dan masker akan menghambat pertukaran udara.

Lebih baik bersepeda dengan intensitas ringan hingga sedang yang ditandai dengan peningkatan denyut nadi yang tidak terlalu tinggi dan masih bisa berbicara saat melakukannya.

3. Bawa masker cadangan

712768778
712768778 https://kids.grid.id/

Saat keringat mulai membasahi masker, tentunya efektifitasnya akan berkurang. Maka dari itu, bawalah masker cadangan agar bisa kamu ganti saat masker menjadi basah dan mulai membuatmu sesak nafas.

4. Hindari gowes keramaian

064382900 1582469788 Whatsapp Image 2020 02 23 At 9.40.23 Pm
Whatsapp https://www.liputan6.com/

Jika bisa gowes sendirian, kamu bisa mengajak keluarga atau temanmu. Namun karena harus menjaga jarak, maka kamu harus mengusahakan agar bersepeda tidak lebih dari lima orang dengan tetap menjaga jarak ya.

5. Memilih jalan yang sepi saat gowes dan menjaga Kebersihan setelah gowes

Blog Si Kecil Lebih Aktif Di Luar Ruang Dengan Merk Sepeda Anak Berkualitas Terbaik
Blog Si Kecil Lebih Aktif Di Luar Ruang Dengan Merk Sepeda Anak Berkualitas Terbaik https://www.tokopedia.com/

Tentunya membuka masker akan melegakan pernafasanmu. Tapi jika kamu sedang berhadapan dengan orang lain, maka kamu tidak boleh lupa memasang masker kembali. Penggunaan masker saat berhadapan juga dapat memberi rasa aman bagi orang lain.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Aktivitas Asyik Yang Gak Sabar Kita Lakukan Lagi Di Masa PSBB Transisi

Kemudian, setelah bersepeda, kamu perlu membersihkan sepeda dengan cairan disinfeksi yang bisa membunuh kuman seperti virus corona.

Setelah itu, kamu juga perlu mengganti pakaian dan mandi sampai bersih dan istirahat yang cukup. Itulah tips aman bersepeda mengunakan Masker, menjaga jarak dan mencici tangan.

Baca juga

Berikan Nilai Untuk Konten ini