Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan Atau Setelah Sarapan Ya?

in ,
Olahraga Pagi
Credit Image: Bandung Kita

Bagi kalian orang-orang hebat yang paginya mampu menahan gravitasi dari bantal dan guling di kasur, lalu beranjak untuk berolahraga, mungkin terkadang bingung. Sebaiknya olahraga di pagi hari dilakukan sesudah atau sebelum sarapan, ya?

Menurut Penelitian, olahraga sebelum sarapan lebih baik. Karena mampu membakar lebih banyak kalori dan mendapat respon insulin yang baik pada tubuh. Sehingga dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Risiko Diabetes

Risiko Diabetes
Risiko Diabetes | Economic Times

Kebanyakan orang memilih pagi hari untuk berolahraga karena udaranya sejuk dan Matahari belum terik-teriknya. Rutin berolahraga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe-2. 

Pengurangan resiko diabetes dengan berolahraga erat hubungannya dengan insulin dan gula darah. Insulin diproduksi oleh pankreas, ia bertugas untuk memecah gula darah kita menjadi energi cadangan pada tubuh kita. 

Nah, jika kelebihan energi ini tidak digunakan untuk berolahraga, maka gula darah kita akan menumpuk, lalu meningkatkan terjadinya kelebihan berat badan bahkan obesitas. Hal ini dapat meningkatkan resiko diabetes.

Pembuktian penelitian

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap dua kelompok yang dibagi menjadi dua. Mereka disuruh bersepeda tiga kali dalam seminggu selama 50 menit.

ARTIKEL TERKAIT •
Manfaat Makan Dengan Tangan Tanpa Sendok Untuk Tubuh

Yang satu melakukannya sebelum sarapan, dan satunya lagi sesudah sarapan. Hasilnya kelompok yang sebelum sarapan menunjukan respon insulin yang lebih baik, sedangkan kelompok yang kedua tidak menujukan perkembangan itu.

Manfaat Olahraga Pagi

Tubuh akan mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup dengan melakukan olahraga di pagi hari. Dengan begitu, nutrisi akan mudah masuk ke dalam jantung dan juga paru secara maksimal.

Jika dua organ tersebut bekerja secara maksimal, maka energi dalam tubuh akan meningkat. Selain meningkatkan energi, olahraga pagi juga bisa membuat pikiran menjadi lebih segar.

Jika dilakukan secara rutin, mood dan suasana pagi Anda akan lebih baik. Jika mood baik, melakukan aktivitas sepanjang hari akan berjalan dengan lancar. Orang yang jarang berolahraga, cenderung memiliki mood yang buruk di pagi hari.


Olahraga pagi sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Oleh karena itu, meskipun sulit, kita harus membiasakannya secara rutin agar mendapatkan tubuh dan pikiran yang baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Rasa Takut dan Fobia

Berikan Nilai Untuk Konten ini