5 Ciri Laki-Laki Shaleh, Jangan Sampai Kamu Menolak Lamaran nya

in ,
Ciri Laki Shaleh Yang Tak Boleh Ditolak Lamarannya
Ciri Laki Shaleh Yang Tak Boleh Ditolak Lamarannya

Setiap wanita pasti ingin sekali memiliki pasangan hidup yang shaleh. Taat pada agama, rajin ibadahnya, baik pula tutur katanya, pandangan mata yang sejuk, dan setiap apa yang dikatakannya itu membuat hati menjadi tenang.

Rasa kepedulian dan perhatian yang kuat, tak ada satupun wanita yang tidak memimpikan memiliki dambaan hati yang nantinya kelak menjadi pasangan hidupnya. Sebagai calon imam yang akan membimbingnya ke syurga dan sebagai ayah dari anak-anakmu.

Namun, tak sedikit muslimah yang mudah untuk menemukan laki-laki yang memiliki kriteria seperti di atas. Mereka kesulitan untuk mendapatkannya, dan akhirnya mereka memilih untuk sendiri lebih lama lagi. Karena takut nantinya malah salah pilih pendamping hidup.

Banyak yang terlihat baik sebelum menikah, tapi setelah menikah sifat busuknya akhirnya keluar. Banyak terlihat shaleh pada saat sebelum menikah, namun setelah menikah sifat keshaleh-annya malah menghilang. Yang pada akhirnya membawa penyesalan yang menyakitkan.

Penyesalan yang datang terlambat tentu menyakitkan hati. Maka dari itu, sebelum memutuskan menentukan dia sebagai pendamping hidupmu. Kamu harus mengetahui apa saja ciri laki-laki shaleh yang insya Allah baik untukmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Orangtua Tidak Merestui Pilihan hati

Praktekkan, Cara Agar Suami Enak Dijadikan Tempat Curhat

1. Baik hubungannya dengan Allah

Baik Hubungannya Dengan Allah
Baik Hubungannya Dengan Allah | via https://dalamislam.com/

Ciri pertama adalah hubungannya dengan Allah sangat baik. Bisa dilihat dari ibadahnya, saat melakukan shalat, tidak lupa juga dengan amalan-amalan sunnah, selalu ingin dekat kepada Allah dengan selalu berzikir dan membaca ayat suci Al-Qur’an.

Menjaga diri dari pergaulan yang tidak baik, seperti membatasi pergaulan dengan wanita, menundukkan pandangannya pada wanita yang bukan mahramnya, memastikan harta yang diperoleh nya itu berasal dari cara yang halal, dan memanfaatkan hartanya tersebut ke jalan yang benar.

2. Baik hubungannya dengan orang tuanya terutama Ibu

Baik Hubungan Dengan Orangtua
Baik Hubungan Dengan Orangtua | via https://kumparan.com/

Ciri selanjutnya ialah memiliki hubungan yang baik dengan orangtuanya, terutama ibunya. Lelaki yang shaleh pasti sangat ingin memuliakan orang tuanya. Menempatkan orang tuanya di atas segala-galanya. Selalu ingin membahagiakan orang tuanya. Dan tak ingin melihat orang tuanya bersedih.

Menyakiti Hati Istri Ternyata Bisa Buat Rezeki Suami Seret, Ini Alasannya

Karena peran orang tua sangat amat penting. Ia yang merawat anaknya hingga menjadi besar dan mendidiknya menjadi anak yang shaleh.

ARTIKEL TERKAIT •
Mau Nikah? Yuk Kenali 4 Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam!

3. Baik dan perhatian pada anak-anak

Baik Hubungannya Dengan Anak Anak
Baik Hubungannya Dengan Anak Anak | via https://www.ruangmuslimah.co/

Ciri selanjutnya adalah baik dan perhatian pada anak-anak. Saat melihat anak-anak, bawaannya ingin bermain dengan mereka. Sikap ini muncul tidak disengaja, tapi datang dengan sendiri karena sudah tertanam pada diri.

Hal ini begitu penting, karena nantinya dialah yang akan menjadi ayah dari anak-anakmu kelak. Bagaimana ia memperlakukan anak-anak, itu harus diperhatikan. Rasulullah pun saat melihat anak-anak ia turun dari untanya untuk bermain dengan anak tersebut.

4. Baik hubungan sosial dan kemasyarakatannya

Baik Hubungan Dengan Sosial Kemsyarakatan
Baik Hubungan Dengan Sosial Kemsyarakatan | via https://kumparan.com/

Menikah berarti kalian sudah siap untuk menempuh kehidupan baru. Kehidupan dimana berdampingan dengan orang-orang sekitar. Menjaga tali silaturahmi dan saling membantu.

Maka kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar harus dimiliki oleh suami. Karena manusia ialah makhluk sosial, yang dimana tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dapat menyabar dengan warga sekitar, dengan mengikuti kegiatan kemasyarakatan, seperti kerja bakti, bersilaturahmi, pengajian, dan lain-lain.

5. Baik hubungannya dengan uang

Mampu Mengelola Uang Dengan Baik
Mampu Mengelola Uang Dengan Baik | via https://blog.rightcapital.com/

Tanpa uang manusia pasti akan sulit bertahan hidup. Untuk membeli keperluan rumah tangga, untuk bersedekah, untuk membesarkan anaknya, dan urusan duniawi lainnya. Tak sedikit rumah tangga yang mengalami perceraian karena urusan uang.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kunci Memiliki Keluarga Bahagia

Apakah itu karena tidak mampu memanage uang atau karena suami yang tak mampu mencari uang. Seorang suami harus memiliki kemampuan yang baik dalam urusan uang ini. Dia harus memastikan uang yang diperolehnya itu berasal dari cara yang halal.

5 Cara Menghadapi Suami Pelit, Istri Wajib Tahu!

Setelah mendapatkannya, ia harus memanagenya dengan baik. Apakah itu wajib dibeli atau tidak. Selain mengeluarkan, suami juga harus bijak dalam menginvestasikan uangnya untuk di masa yang akan datang.

Setidaknya, itu lah 5 ciri pria shaleh yang tidak boleh kamu tolak lamarannya. Karena jika kamu menolaknya, pasti kamu akan menyesal dan akan sulit mencari orang seperti dirinya.

Maka dari itu, yang terpenting adalah lakukan berbagai cara untuk memperbaiki dan memantaskan diri, apakah kamu layak berdampingan dengan lelaki yang shaleh.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.