4 Tips Merawat Bayi Baru Lahir saat Musim Dingin

in ,
Tips Merawat Bayi Baru Lahir Saat Musim Dingin
Tips Merawat Bayi Baru Lahir Saat Musim Dingin

Musim hujan telah tiba, sehingga cuaca akan menjadi dingin dan resiko seseorang terkena penyakit influenza semakin tinggi. Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh menjelang musim dingin tiba.

Akan tetapi, bagaimana dengan bayi yang baru lahir yang dimana lebih mudah terinfeksi virus karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum kuat.

Berikut kami lansir dari Times of India, beberapa tips merawat bayi baru lahir saat musim dingin datang.

1. Merawat bayi baru lahir saat musim dingin mandi

Mandikan Dengan Air Hangat
Mandikan dengan air hangat | natureloc.com

Dikarenakan cuaca yang dingin, alangkah baiknya kita sebagai orangtua memandikan bayi dengan menggunakan air hangat secara rutin. Selain memandikannya langsung dengan air, kamu juga bisa menyeka tubuh mereka dengan menggunakan handuk basah sebelum mengganti pakaian.

Baca Juga: Cara Mengusir Jin Penganggu Bayi Yang Sering Datang Kerumah, Ummu Sibyan

Hal tersebut dilakukan agar menjaga kulit si bayi tetap lembap dan meminimalisir risiko terjangkit virus penyakit.

2. Mengoleskan minyak

Oleskan Minyak Pada Bayi
Oleskan minyak pada bayi | medicalnewstoday.com

Seperti yang kita tahu, saat musim dingin kulit tubuh cenderung akan menjadi kering. Karena itu untuk menjaga kelembapan kulit si kecil, penting buat mereka untuk diberikan pijatan lembut menggunakan minyak. Minyak tersebut akan terserap ke dalam jaringan kulit yang paling dalam sehingga kulit akan tetap lembap.

ARTIKEL TERKAIT •
Tidak Ada Pria, Namun Wanita di Suku Amazon Ini Bisa Hamil, Bagaimana Caranya?

Selain itu, minyak juga akan membuat tulang bayi menjadi lebih kuat. Rekomendasi minyak oles yang bisa kamu gunakan untuk memijat bayi ialah minyak kelapa atau minyak mustard.

3. Berjemur

Ajak Si Kecil Berjemur
Ajak si kecil berjemur | morinagaplatinum.com

Tips merawat bayi baru lahir selanjutnya ialah meluangkan waktu untuk dirinya berjemur di bawah hamparan sinar matahari. Hal itu karena sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan immune tubuh dan memperkuat tulang si bayi.

Kamu bisa lakukan setelah si kecil mandi dan mengganti pakaiannya. Selain itu, sinar matahari juga memiliki khasiat untuk memberikan kehangatan dan membunuh kuman pada tubuh bayi.

4. Hindari penggunaan selimut tebal

Gunakan Selimut Yang Tipis Untuk Merawat Bayi Baru Lahir
Gunakan selimut yang tipis | orami.co.id

Mungkin kamu berpikir, karena cuaca yang sedang dingin, menyelimuti bayi dengan selimut tebal adalah cara terbaik agar si kecil tidak kedinginan. Memang benar selimut tebal akan membuat mereka tetap hangat, namun mereka akan sulit untuk menggerakkan tangan dan kakinya. Karena itu, lebih baik memilih selimut tipis untuk menjaga suhu ruangan tetap ideal.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Mengusir Jin Penganggu Bayi yang Sering Datang Kerumah, Ummu Sibyan

Baca Juga: 9 Hal Yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum


Nah, itulah tadi empat tips merawat bayi baru lahir saat musim dingin. Untuk menjaga si bayi tetap nyaman dan sehati, jangan lupa untuk mengaplikasikan keempat tips di atas ya, moms.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.