Padahal Telah Lama Pacaran, Tapi Saat Menikah Malah Cepat Bercerai, Ketahui Penyebabnya

in ,
Penyebab Pernikahan Cepat Bercerai
Penyebab Pernikahan Cepat Bercerai

Tidak sedikit orang yang mengalami hal ini. Bahwa mereka terlah lama berpacaran, bahkan hingga bertahun-tahun. Namun disaat setelah menikah, perceraian terjadi sangat begitu cepat. Hal ini menandakan yang bertahun-tahun berpacaran tidak akan menjamin pernikahan akan hidup bahagia.

Tentu hal tersebut ada faktor yang menyebabkannya. Semua orang pasti mengininkan pernikahan yang awet hinnga maut yang memutuskan. Oleh karena itu, kamu harus menghindari faktor penyebab yang bisa membuat pernikahanmu usai.

1. Tidak mendapatkan dukungan dari pihak keluarga

Tidak Ada Dukungan Keluarga
Tidak Ada Dukungan Keluarga | via https://tirto.id/

Tentu masalah ini sangat sulit untuk kita hindari, karena jika tidak ada dukungan dari pihak keluarga maka pernikahan akan sulit berjalan. Terlebih meski telah menikah pun jika pihak keluarga kurang atau tidak ada sama sekali memberikan dukungan, pernikahan anak banyak diterpa berbagai masalah.

Miris, Ternyata Hampir 70 Persen Perceraian Di Indonesia Disebabkan Oleh Sosial Media

2. Komitmen yang tidak jelas

Komitmen Yang Tidak Jelas
Komitmen Yang Tidak Jelas | via https://www.hipwee.com/

Komitmen sangat penting di dalam sebuah hubungan pernikahan. Karena dengan komitmen sepasang kekasih sama-sama memiliki satu ikatan yang terikat untuk dapat selalu bersama. Meskipun masalah datang terus menerus, jika kamu dan pasanganmu sama-sama memiliki komitmen yang jelas, hubungan akan tetap berjalan secara berkesinambungan.

ARTIKEL TERKAIT •
Curhat Dengan Lawan Jenis Bisa Jadi Penyebab Perselingkuhan

3. Tidak siap dalam hal keuangan

Tidak Siap Dalam Hal Keuangan
Tidak Siap Dalam Hal Keuangan | via https://id.theasianparent.com/

Setelah hidup berumah tangga, masalah keuangan sangatlah penting. Bagaimana kamu untuk menghidupi keluargamu, menafkahi keluargamu, jika kamu tidak siap dalam hal ini. Masalah ini bisa saja berimbas pada keikutcmpuran pihak keluarga istri atau suami.

Sebagai Istri Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Terhadap Suamimu

Mereka akan menganggap kamu tidak bisa menafkahi keluargamu. Dan mereka mungkin mengira kamu menikah hanya mengikuti nafsumu saja tanpa mempertimbangkan sesuatu yang harus dipenuhi.

4. Belum siap menikah

Belum Siap Untuk Menikah
Belum Siap Untuk Menikah | via https://www.genpi.co/

Hal ini kerap terjadi, banyak orang yang sebenarnya belum siap untuk menjalin bahtera rumah tangga. Namun karena dorongan atau paksaan pasangan atau keluarga, membuat mereka terpaksa untuk menikah.

Padahal dalam segi mental, finansial, dan emosional belum siap. Lama kelamaan, masalah-masalah akan banyak menghampiri pernikahan kalian.

5. Belum memiliki karir yang memadai

Karir Belum Siap
Karir Belum Siap | via https://www.kompasiana.com/

Dan fator terakhir ini ada kaitannya dengan masalah keuangan. Di saat kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat, kamu sebagai suami tidak mampu memenuhinya. Yang dikarenakan belum memiliki karir yang baik, sehingga penghasilan pun pas-pasan.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Orangtua Tidak Merestui Pilihan hati

8 Tanda Fix, Pasangan Wanita Adalah Wife Material

Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan memiliki gaya hidup yang secukupnya dengan kondisi finansial keluarga yang secukupnya juga. Jangan sampai saat melihat orang memakai perhiasan atau kendaraan mewah, kamu malah memaksa suami untuk membelinya juga.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.