Beberapa Tips Alami Agar Suara Kamu Merdu

in
Beberapa Tips Alami Agar Suara Kamu Merdu

Memiliki suara yang bagus adalah impian hampir seluruh insan. Memiliki suara yang bagus sering dikategorikan sebagai bakat yang harus terus diasah agar semakin baik. Tapi tahukah kamu? Ada beberapa cara loh agar suaramu bisa merdu. Yuk disimak!

1. Banyak meminum air mineral

air mineral

Keadaan tenggorokan yang terus lembab membuat kita mudah untuk bernyanyi. Untuk membuat tenggorokan tetap lembab adalah dengan banyak minum dan juga memakan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka dan apel.

2. Menghindari berbicara yang berlebihan

penyebab perempuan suka gosip 20150614 101607

Jika kamu ingin memiliki suara yang bagus, kamu harus dapat mengelola suaramu dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menghindari pembicaraan yang terlalu banyak. Jangan terlalu banyak berbicara, agar suaramu tidak cepat habis.

3.  Jangan merokok

images

Kamu tahu? Asap rokok dapat membuat iritasi pita suara, dan tentu akan sangat mengganggu. Merokok juga meningkatkan resiko kanker, salah satu yang berpengaruh bagi suara adalah kanker tenggorokan. Jika kamu terkena kanker tenggorokan, kamu tidak akan bisa mengeluarkan suara semerdu awal lagi.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Apa Itu Personal Ideologis?

4. Jangan menyalahgunakan suaramu

handling rude tween behaviour

Jangan terlalu sering berteriak jika tidak perlukan. Sebab, berteriak bisa menyebabkan suaramu jadi serak. Dan serak merupakan tanda-tanda bahwa pita suara terkena iritasi. Hati hati guys!

5. Buat rileks otot lehermu

raisa andriana tampil saat acara ramadhan jazz festival yang  140714155856 693

Perhatikan penyanyi-penyanyi papan atas saat mereka unjuk suara. Mereka biasanya mendonggakan kepala saat menyanyikan nada tinggi, dan menunduk saat menyanyikan nada rendah, hal yang mereka lakukan itu dapat membantu otot leher menjadi rileks. Dengan rileksnya otot leher, tidak akan terjadi penegangan otot.

6. Sesuaikan cara bernyanyimu dengan cara berbicaramu

Bernyanyi tanpa memperhatikan kebiasaanmu dalam berbicara sehari-hari dapat membuatmu terkena iritasi atau bahkan dapat menyebabkan luka saat kamu bernyanyi. Maka dari itu, perhatikan cara berbicaramu sehari-hari dan praktikan saat bernyanyi.

7. Jangan batuk terlalu sering

Saat kamu tidak terkena penyakit batuk, jangan sering membatukkan diri karena gatal tenggorokan atau seperti ada sesuatu yang menyangkut pada tenggorokan. Karena itu dapat menyebabkan tegangan pada tenggorokan dan pita suara sekaligus.

Selain beberapa cara diatas, suara merdu juga bisa didapat ketika kamu sering mengolah suaramu dengan latihan vokal dan les bernyanyi.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tipe Pelupa Yang Harus Kamu Ketahui

Berikan Nilai Untuk Konten ini