Bebaspedia.com

Ini 3 Akibat Jika Kita Melewatkan Sarapan Sebelum Beraktivitas

Akibat Jika Melewatkan Sarapan
Akibat Jika Melewatkan Sarapan
Akibat Jika Melewatkan Sarapan
Akibat Jika Melewatkan Sarapan

Saat masih sekolah, biasanya ibu kita akan mempersiapkan sarapan pagi sebelum kita berangkat sekolah. Namun, tak sedikit juga orang yang melewatkan sarapan karena beberapa hal, seperti tidak sempat atau memang tidak ada makanan. Tapi, tahukah kamu jika kita tidak mengisi perut dengan makanan atau minuman di pagi hari akan berpengaruh tidak baik bagi kesehatan tubuh, lho.

Bahkan keadaan terparahnya, kebiasaan tidak sarapan di pagi hari akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Berikut simak, bahaya yang terjadi jika kita sering melewatkan sarapan.

Dampak bahaya kerap melewatkan sarapan

1. Sulit untuk konsentrasi dalam beraktivitas

Melewatkan Sarapan Akan Membuat Sulit Berkonsentrasi
Melewatkan sarapan akan membuat sulit berkonsentrasi | mentaup.co

Perli diketahui, selama kita tidur kita tidak memperoleh asupan nutrisi sehingga kadar gula pada tubuh akan rendah. Ketika kadar gula darah tubuh rendah, tubuh mau tak mau akan melepaskan kortisol dan adrenalin yang mana dapat menyebabkan perasaan jadi tak tenang dan gampang resinggung.

Baca Juga: 5 Buah Yang Dihindari Untuk Dijadikan Menu Sarapan

ARTIKEL TERKAIT •
3 Bahan Alami Pemutih Kulit

Hal itulah yang menbuat kita sulit berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bagi anak, kebiasaan melewatkan sarapan akan membuat mereka jadi sulit menerima pelajaran.

Sarapan dengan asupan yang bernutrisi akan bedampak baik bagi fungsi otak dan kesehatan kita. Sehingga akan memungkinkan anak dapat berprestasi di sekolahnya.

2. Asupan nutrisi tubuh tidak terpenuhi

Asupan Nutrisi Tidak Terpenuhi
Asupan nutrisi tidak terpenuhi | healthiguide.com

Sarapan sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh yang tidak tercukupi selama kita tidur. Nah, jika kita melewatkan sarapan maka tubuh bisa kekurangan nutrisi yang harus dipenuhi oleh tubuh.

Semua aktivitas yang kita lakukan itu, seperti belajar, bekerja, bermain, menonton, dan lainnya itu memerlukan energi. Apa susahnya konsumsi makanan yang ringan seperti buah-buahan yang berserat.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Saat Sarapan Yang Membuat Kamu Gampang Lelah

Ketika menjelang siang hari, berkaca dari pengalaman orang-orang, biasanya kita akan mengkonsumsi cemilan-cemilan ringan. Yang padahal cemilan tersebut hanya akan menambah kalori tubuh bukan nutrisi. Ditambah lagi, saat kita melewatkan sarapan kita akan berkeinginan memakan makanan yang tak sehat.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Memasak Nasi Yang Sehat, Ampuh Mengurangi Kalori Sebanyak 50 Persen

3. Meningkatkan risiko penyakit diabetes

Measuring Blood Sugar Level Of Teen Girl With Glucometer
Meningkatkan risiko penyakit diabetes | bostonherald.com

Karena kita rentan memakan makanan yang banyak kalori sebelum waktu makan siang hari, maka kalori yang berlebih akan membuat berat badan jadi bertambah atau parahnya obesitas. Dan kondisi ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Dilansir dari Eat This, Not That, Kristi King selaku ahli gizi dari Texas Children’s Hospital menyebutkan orang yang kerap melewatkan sarapan akan gampang terkena penyakit diabetes tipe 2, yakni risiko obesitas akibat gangguan hormon insulin, dan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan Atau Setelah Sarapan Ya?

Maka dari itu, sebaiknya kita tidak melewatkan sarapan ya. Tak masalah porsinya sedikit, yang terpenting asupan nutrisi tubuh dapat terpenuhi.