Kamu Insomnia? Berikut 5 Tips Mengatasi Susah Tidur

in
Mengatasi Msaalah Susah Tidur
Mengatasi Msaalah Susah Tidur

Insomnia atau susah tidur merupakan gejala yang tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Karena selain dapat membuat mata mengantuk, susah tidur akan berimbas pada produktivitas kamu keesokan harinya. Untuk itu, kamu harus mencari cara bagaimana cara mengatasi susah tidur ini.

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang susah tidur pada malam hari. Seperti pengaruh stress, memiliki riwayat penyakit, atau habis dari perjalanan yang jauh. Tidur yang merupakan kebutuhan pokok tentu harus dijaga porsinya. jangan sampai mengabaikan hal ini.

Tips ampuh mengatasi masalah susah tidur

Susah tidur merupakan sesuatu yang membuat frustasi. Tidur jadi tak nyenyak, mata mengantuk di pagi hari, dan energi tidak optimal melakukan aktivitas sepanjang hari. Untuk itu, intip beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak mengalami insomnia.

Inilah 4 Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur

1. Jangan konsumsi kafein atau alkohol

Kafein Dan Alkohol
Kafein Dan Alkohol | via https://majalah.ottencoffee.co.id/

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol adalah salah satu penyebab mata susah terlelap di malam hari. Untuk mengatasi masalah susah tidur ini, cobalah untuk menghindari mengkonsumsi kafein atau alkohol sebelum kamu tidur. Perlu diketahui, kafein dapat menganggu kualitas tidur seseorang. Untuk gantinya, kamu bisa mengkonsumsi susu.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyakit Ini Akan Datang Setelah Kamu Putus Cinta

2. Terapkan siklus tidur yang teratur

Terapkan Siklus Tidur Yang Teratur
Terapkan Siklus Tidur Yang Teratur | via https://www.halodoc.com/

Usahakan untuk menerapkan siklus waktu tidur yang teratur. Misalnya kamu ingin tidur pukul 9 malam, maka tidurlah jam 9, jangan sampai lebih dari jam yang kamu tentukan. Dan dengan menerapkan siklus tidur yang teratur, kamu pasti akan bangun dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang kamu inginkan.

5 Trik Agar Bisa Mendapatkan Waktu Tidur Yang Efektif & Berkualitas

3. Matikan smartphone atau televisi

Jangan Main Hp Sebelum Tidur
Jangan Main Hp Sebelum Tidur | via https://tirto.id/

Sebagaimana diketahui, cahaya yang dipancarkan lewat layar smartphone atau televisi bisa menganggu produksi melatonin pada tubuh dan menyebabkan kita susah mengantuk.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah susah tidur ini jauhkan diri dari pengaruh gadget, televisi, atau komputer. Kamu bisa membaca buku atau mendengarkan alunan musik yang merdu sebagai penghantar tidur.

4. Mengatur jam makan malam

Mengatur Jam Makan Malam
Mengatur Jam Makan Malam | via https://www.sehatq.com/

Cobalah untuk mengatur jam makan malam. Jangan makan malam sebelum tidur, usahakan makan malam lebih awal, dua jam sebelum kamu tidur. Karena jika kamu makan sebelum tidur, saat tidur asam dari perut akan naik lagi menuju kerongkongan, yang bisa menyebabkan batuk, mules, atau nyeri.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Mudah Agar Cepat Tertidur

Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

5. Untuk mengatasi susah tidur, jangan tidur siang

Jangan Tidur Siang Untuk Mengatasi Susah Tidur
Jangan Tidur Siang Untuk Mengatasi Susah Tidur | via https://health.kompas.com/

Bagi kamu yang ingin mengatasi masalah susah tidur jangan pernah tidur siang. Tidur siang memang bermanfaat, akan tetapi jika kamu mengalami masalah susah tidur, dengan tidur siang akan memperparah keadaan. Namun jika kamu memang memerlukan waktu tidur siang, batasi waktu tidur siangnya. Lebih kurang selama 30 menit saja sebelum jam 3 sore.

Nah itulah penjelasan tips ampuh mengatasi susah tidur di malam hari. Lakukan beberapa tips di atas dengan rutin agar kamu bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang berkualitas.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.