Inilah 4 Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur

in
Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur
Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur

Apakah kamu pernah mendengkur saat sedang tidur? Jika kamu tidak tahu, cobalah menanyakannya kepada orangtua atau temanmu. Jika pernah, pasti malunya bukan main kan?

Banyak orang yang mengira kalau mendengkur hanya dialami oleh orang dewasa saja, seperti ayah, ibu, paman, atau bibi kita. Namun kenyataannya, ternyata anak kecil juga bisa mendengkur lho saat tidur.

Dikutip dari laman Kompas.com, terdapat enam hal yang menyebabkan anak bisa mendengkur saat sedang tidur. Apa saja penyebabnya, ketahui penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Anak Bisa Mendengkur Saat Tidur

1. Terdapat pembengkakan pada bagian hidung

Penyebab anak mendengkur saat tidurTerjadi Pembengkakan Di Area Hidungnya
Terjadi Pembengkakan Di Area Hidungnya | via https://www.klikdokter.com/

Penyebab pertama anak mendengkur saat tidur adalah karena adanya pembengkakan atau peradangan pada bagian hidungnya. Hidung merupakan alat pernafasan, jika ada saja masalah yang menghampirinya, maka itu akan membuat seseorang sulit untuk bernafas.

5 Cara Ampuh Buat Anak Suka Makan Sayur, Bunda Harus Coba

Salah satu penyebab peradangan dan pembengkakan adalah karena alergi yang sedang dialami. Akibat yang memperlihatkan terjadinya pembengkakan pada hidung adalah kesulitan bernafas yang mesti lewat hidung mulut dan terdengar suara bising pada hidung.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

2. Kegemukan

Penderita anak mendengkur saat tidur Menderita Kegemukan
Menderita Kegemukan | via https://www.klikdokter.com/

Penyebab lainnya adalah karena faktor kegemukan atau bahkan obesitas. Fakta ini dikuatkan berdasarkan penelitian yang dilakukan menyatakan kegemukan atau obesitas dapat membuat anak mendengkur saat tidur. Alasannya karena saat anak tidur, terjadi penumpukan lemak pada sekitaran bagian leher.

3. Hidung yang tersumbat

Little Boy With Runny Nose In Bed
Hidung anak tersumbat | via https://www.honestdocs.id/

Hidung yang tersumbat akibat pilek atau flu dapat meningkatkan resiko mendengkur saat anak tidur. Karena hidung yang merupakan organ pernafasan yang berguna untuk bernafas, tidak bisa melakukan tugasnya karena hidung tersumbat.

Maka otomatis saat tidur, anak akan bernafas lewat mulutnya. Penyebab datangnya flu atau pilek bisa karena udara, virus, atau alergi.

4. Pembesaran amandel

Pembesaran Amandel Pada Anak
Pembesaran Amandel Pada Anak | via https://www.klikdokter.com/

Pada bagian ujung tenggorokan ada organ tubuh yang berada di sisi kiri dan kanan ujung tenggorokan dengan ukuran yang kecil. Organ tubuh ini sering disebut amandel atau nama lainnya adalah tonsil. Kita bisa melihatnya dengan membuka mulut lbear-lebar.

3 Kebiasaan Buruk Orang Tua Yang Buat Anak Sulit Untuk Percaya Diri

Penyebab anak mendengkur lainnya adalah karena terjadi pembesaran amandel. Anak akan sulit untuk bernafas, sehingga akan terdengar suara ribut saat anak tidur.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.