Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

in
Sebelum Tidur Jangan Lakukan Hal Ini
Sebelum Tidur Jangan Lakukan Hal Ini

Perlu kamu ketahui, tubuh memerlukan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas yang sangat melelahkan. oleh karena itu, kamu memerlukan tidur yang cukup. Namun, nggak sedikit orang yang yang tidak mengindahkan hal ini. Padahal dengan tidur, pada keesokan harinya tubuh akan terasa fit.

Kualitas tidur juga harus diperhatikan, banyak yang mengira dengan hanya tidur selama 4 atau 5 jam itu saja sudah cukup. Padahal pernyataan itu jelas salah. Setidaknya tubuh membutuhkan waktu istirahat itu minimal selama 8 jam per harinya.

Untuk dapat tidur dengan tenang, jangan sampai kamu lakukan ke-5 hal berikut ini jika kamu tidak ingin kualitas tidur kamu terganggu.

1. Makan berlebihan

Jangan Sampai Makan Yang Berlebihan
Jangan Sampai Makan Yang Berlebihan | via https://www.rimma.co/

Gunanya tidur adalah untuk mengistirahatkan tubuh dan organ. Makan yang berlebihan malah akan membuat organ di dalam tubuh kamu akan bekerja, padahal sebagian dari mereka juga butuh istirahat. Setidaknya beri rentang jarak ketika kamu makan dan tidur. Paling sedikit yaitu dua jam. Dengan adanya jarak tersebut tubuh akan punya waktu untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi.

ARTIKEL TERKAIT •
Susah Tertidur atau Mudah Tertidur, Ternyata ini Penyebabnya

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Makan Sebelum Tidur Malam

2. Mengonsumsi minuman berkafein

Jangan Minum Minuman Berkafein
Jangan Minum Minuman Berkafein | via https://klubwanita.com/

Sudah kita ketahui, kalau kafein merupakan zat yang yang bisa mempengaruhi sistem saraf untuk menghilangkan rassa kantuk. Contohnya seperti kopi dan teh adalah sedikit dari banyak minuman yang mengandung kafein yang cukup tinggi. Jadi kalau kamu ingin tidur yang nyeyak, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein ya.

Sulit Tidur? 5 Posisi Tidur Ini Bikin Cepat Ngantuk

3. Mengecek urusan pekerjaan

Jauhkan Urusan Kantor
Jauhkan Urusan Kantor | via https://safetysignindonesia.id/

Mengecek urusan pekerjaan hanya menambah pikiran kamu saja. Apalagi kalau ada masalah yang runyam mengenai pekerjaan kamu di kantor. Lebih baik kosongkan pikiran dari urusan pekerjaan. Urusan pekerjaan itu bisa kamu manage di kantor nantinya.

Dampak Tidur Seharian Pada Tubuh Saat Puasa

4. Menonton televisi atau menyalakan smartphone

Tv Remote Isolated On White.
Jangan menyalakan dan menonton televisi | via https://www.beres.id/

Kemampuan mata untuk memproduksi melatonin pasti akan terhambat oleh pancaran sinar dari televisi atau smartphone. Nah, bagi kamu yang tidak mengetahui apa itu melatonin. Melatonin berguna untuk menstimulasi tubuh kamu agar cepat tidur.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Makanan yang Bisa Membuat Tubuh Lelah

Maka dari itu, pasti mereka yang tidurnya di dekat TV pasti akan kesulitan untuk tidur. Kalaupun bisa, tentu kualitas tidur nya pasti tidak efektif. Kalau bisa matikan semua cahaya di ruangan kamu agar tidur menjadi nyenyak.

5. Bertengkar

Jangan Dulu Bertengkar
Jangan Dulu Bertengkar | via https://www.cosmopolitan.co.id/

Ketika kamu bertengkar baik itu dengan pacar, teman atau saudara, hormon adrenalin dan aliran tubuh pasti akan meningkat. Hal tersebut akan berdampak pada kemampuan kamu untuk tidur. Maka dari itu, tidur lah dengan pikrian yang tenang. Kalau bisa bertengkarnya ditunda dulu deh besok pagi, jika bertengkarnya sudah tak terelakkan lagi.

Tips Mudah Agar Cepat Tertidur

Setelah mengetahui hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan sebelum tidur. Pastinya kamu akan lebih waspada untuk menghindar dari hal-hal diatas. Semoga saja kita dijauhkan oleh masalah-masalah sehingga tidur kita bisa nyenyak.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.