5 Spesies Baru Terbaik Tahun 2019

in
U Finaritra 768x512
Credit Image: Mongabay

Dilansir oleh mongabay, berikut adalah 5 spesies baru terbaik yang ditemukan di tahun 2019 versi Bebaspedia!

1. Daun seukuran manusia

Coccoloba 4 Photo Rogerio Gribel
Coccoloba gigantifolia| mongabay

Spesies ini bernama Coccoloba gigantifolia, benih tanaman ini ditemukan di Amazon. Para peneliti butuh waktu hingga belasan tahun untuk menentukan spesies baru ini.

Mereka menanam beberapa benih di kampus National Institute of Amazonian Research dan menunggunya tumbuh. Kemudian pada tahun 2019 salah satu pohon yang ditanam tumbuh subur dan berbuah.

Pohon dengan tinggi 15 meter itu memiliki daun berukuran mencapai 2,5 meter.

2. Katak kecil baru dari Madagaskar

ARakotoarison Mini Mum Picture3 768x512 1
Spesies katak dari Madagskar| mongabay

Para ahli herpetologi memperkenalkan kepada kita tiga spesies katak dari Madagaskar. Mereka adalah Mini mum, Mini ature, dan Mini scule. Memiliki panjang hanya beberapa milimeter, menjadikan spesies ini sebagai katak terkecil di Dunia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa tiga spesies tersebut mungkin sudah terancam punah.

3. Belalang sembah yang menyerupai tawon

Mantis 1 768x512 1
Tawon-Belalang | Mongabay

Pada umumnya, belalang sembah menyerupai daun dan berwarna hijau, atau berwarna cokelat seperti batang pohon. Namun belalang ini berbeda dan unik, ia menyerupai seperti tawon, berwarna oranye-merah cerah dengan perut warna hitam.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Burung Tidak Pernah Bertabrakan Saat Terbang Bersama

Belalang ini ditemukan pada tahun 2013 di stasiun penelitian di tepi Sungai Amazon di Peru utara. Bukan hanya memiliki warna seperti tawon, belalang ini juga mengikuti gerak tawon.

Dalam jurnal yang diterbitkan di tahun 2019, belalang ini bernama Vespamantoida wherleyi, nama genus Vespamantoida, berarti tawon-belalang.

4. Ular berbisa dari India

Ular Viper Arunachal
Arunachal pit viper | Mongabay

Rohan Pandit seorang peneliti satwa liar bersama rekannya Wangchu Phiang menemukan seekor ular di serasah daun. Ia tahu bahwa itu adalah ular viper, yaitu ular berbisa yang menggunakan taring lipat.

Namun, ia belum melihat jenis ular ini sebelumnya. Kemudian ia menangkap ular tersebut dan menelitinya dengan para herpetologis lain.

Hasilnya, para peneliti mengkonfirmasi bahwa viper tersebut merupakan spesies baru dalam ilmu pengetahuan, mereka menamainya Trimeresurus arunachalensis, atau Arunachal pit viper.

5. Tokek yang menyerupai daun

U Finaritra 768x512 1
Tokek Daun| Mongabay

Tokek jenis ini hanya bisa ditemukan di Madagaskar. Mereka adalah ahli kamuflase dengan kondisi warna dan bentuk tubuh memungkinkan berubah seakan daun kering, tokek ini termasuk dalam genus Uroplatus.

Referensi: Mongabay

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa Serigala Tidak Dijinakkan? Padahal Merupakan Nenek Moyang Anjing

Berikan Nilai Untuk Konten ini