Sejarah Peradaban Kuno Yang Konon Mengerikan Saat Gerhana Matahari

in ,
Sejarah Peradaban Kuno Yang Konon Mengerikan Saat Gerhana Matahari

Peristiwa saat bulan terletak diantara matahari dan bumi lalu menutup sebagian atau bahkan seluruh cahaya matahari, disebut dengan peristiwa gerhana matahari. Gerhana matahari memang suatu peristiwa yang tergolong unik dan langka, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang.

Dibalik keindahan dan keunikan peristiwa nya, ternyata banyak legenda aneh yang ada pada zaman dulu saat gerhana matahari sedang berlangsung. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

Hal-hal yang mengerikan sering dikaitkan dengan gerhana matahari, itu disebabkan oleh kepercayaan masyarakat dahulu akan adanya hari kiamat dan informasi yang masih sangat minim.

Roh leluhur para dewa juga dipercaya sebagai hal yang menyebabkan matahari hilang saat terjadinya gerhana matahari lho guys! Simak pembahasan dibawah ya!

Inilah Sejarah Peradaban Kuno Yang Konon Mengerikan Saat Gerhana Matahari

Matahari Dan Bulan Dikejar Dua Serigala

Matahari Dan Bulan Dikejar Dua Serigala

Bangsa Viking menyebut Gerhana Matahari sebagai ‘Apocalapsye’ atau ‘Ragnarok’ yang berarti Kiamat. Bangsa viking juga percaya bahwa hal tersebut terjadi karena bulan dan matahari sedang dikejar oleh dua ekor serigala yang bernama skoll dan hati.

ARTIKEL TERKAIT •
Tentara Rahasia Churcill Yang Terlupakan

Matahari Ditelan Oleh Naga

Matahari Ditelan Oleh Naga

Hal yang dipercayai masyarakat China kuno tentang gerhana matahari ialah, mereka percaya bahwa gerhana matahari adalah sebuah pertanda buruk yang terjadi karena matahari dilahap oleh seekor naga besar dilangit, mereka percaya dengan membunyikan drum dan semua berteriak, naga tersebut dapat pergi lalu memuntahkan kembali matahari yang telah dilahap olehnya.

Marahnya Dewa

Marahnya Dewa

Masyarakat Yunani kuno mempercayai bahwa gerhana matahari adalah pertanda bahwa dewa dan dewi yang marah dan merupakan awal kehancuran besar dunia. Homer’s Oddysey menemukan sebuah catatan yang bertuliskan ‘Matahari telah musnah dari surga, dan kabut yang jahat telah menyebar luas didunia’ hal ini dipercaya sebagai pertanda hal buruk bagi masyarakat Yunani.

Terjadinya Perkelahian Beruang Dengan Bulan

Terjadinya Perkelahian Beruang Dengan Bulan

Wujud matahari yang menghilang dipercaya oleh suku asli pomo disebabkan oleh beruang yang mengamuk dan menggigit matahari. Suku pomo ini sendiri berasal dari Amerika Utara.

Akhir dari kisah ini adalah saat beruang dan matahari berdamai kembali. Menurut kisah ini, gerhana bulan juga sama. Terjadi karena beruang marah dan menerkam sebagian bulan.

ARTIKEL TERKAIT •
Air Bekas Rebusan Mie Tidaklah Berbahaya

Suku Indian mempercayai bahwa wujud tertinggi roh para leluhur mereka adalah beruang, berarti beruang ini merupakan hewan suci.

Terjadinya Pertengkaran Antara Bulan Dengan Matahari

Terjadinya Pertengkaran Antara Bulan Dengan Matahari

Suku inuit merupakan suku yang menempati tempat yang dingin di Kanada Utara dan Alaska. Suku ini mempercayai bahwa gerhana matahari disebabkan oleh bertengkar nya Anningan si dewa bulan dan Malina si dewa matahari.

Mereka adalah dewa bersaudara yang sangat menyukai permainan kejar-kejaran. Suatu hari, salah satu dari mereka marah dan kemudian mereka duduk dengan saling membelakangi satu sama lain sambil bertolak pinggang.

Hal yang sama juga dipercayai oleh suku Batammaliba yang mendiami Benin dan Togo. Mereka mempercayai bahwa mereka harus berdamai saat gerhana matahari berlangsung agar bulan dan matahari tidak saling bertengkar.

Terbangnya Kepala Iblis

Terbangnya Kepala Iblis

Terpenggal nya Rahu sang iblis dipercaya oleh Mitologi Hindu sebagai penyebab dari gerhana matahari. Rahu dipenggal oleh dewa Wisnu karena meminum nektar yang hanya boleh diminum oleh para dewa. Lalu kepala Rahu iblis pun melayang dilangit dan kemudian menelan matahari.

ARTIKEL TERKAIT •
Sisi Gelap Boneka Hello Kity Yang Sempat Populer Di Indonesia

Membuat suara berisik dan nyaring merupakan hal yang dipercaya oleh masyarakat China dan bangsa viking sebagai hal yang dapat mengusir Rahu dan membuatnya melepaskan matahari

Gerhana bulan dan gerhana matahari memang merupakan peristiwa langka yang sangat unik dan indah. Kepercayaan masyarakat dulu yang mengaitkan nya dengan hal-hal berbau mistis merupakan efek informasi yang minim pada saat itu.

Oke guys, sekian pembahasan tentang sejarah peradaban kuno mengerikan pada saat gerhana matahari. Tentu saja itu hanya mitologi ya guys! Tidak harus dipercaya. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberi komentar pada kolom komentar ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini