8 Karakter Film yang Menuai Kontroversi, Bahkan Sampai Diboikot

in
Karakter Film Yang Menuai Kontroversi
Karakter Film Yang Menuai Kontroversi

Karakter pada film memiliki peran penting dalam pembuatan suatu film. Karena mereka adalah orang yang berperan untuk membuat cerita menjadi lebih menarik lagi. Oleh karena itu, tak sedikit juga mereka dibuat semenarik mungkin. Sampai-sampai karakter film yang dibuat menuai kontroversi. Misalnya dengan menyajikan latar belakang yang unik dari sang tokoh atau membuat penampilannya selucu mungkin.

Meskipun orang yang memerankan karakter tersebut adalah artis papan atas, malah tidak menutup kemungkinan juga mereka banyak dikecam karena perannya pada film yang ia mainkan.

Nah, kali ini Ombes akan memberitahu 8 karakter film yang pernah menuai kontroversi. Bahkan sampai ada yang diboikot di beberapa negara.

10 Karakter Film yang Menuai Kontroversi

Mungkin ada beberapa karakter yang kamu ketahui. Untuk uraian lengkapnya, yuk simak siapa-siapa saja karakter tersebut.

1. Heimdall (Thor 2011)

Karakter Heimdall Pada Film Thor
foto (winteriscoming.net)

Karakter film pertama yang menuai kontroversi ialah Heimdall, karakter pada film Thor yang tayang pada tahun 2011 lalu. Penampilan Heimdall sendiri pada film Thor terbilang cukup unik. Karena kita tahu pada versi komik ataupun mitologi Nordic, Heimdall digambarkan sebagai karakter yang memiliki kulit terputih di antara dewa-dewa lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Turis China Dilarang berkunjung ke Toko di Jepang Karena Virus Corona

Namun pada film Thor, karakter Heimdall yang diperankan oleh aktor Idris Elba yang merupakan aktor berkulit gelap. Karena perbedaan yang cukup mencolok ini, banyak penggemar yang memboikot film yang diproduksi oleh Marvel Studios ini pada awal perilisannya.

2. Jar Jar Binks (Star Wars: Phantom Menace 1999)

Karakter Film Kontroversi Jar Jar Binks
foto (starwars.com)

Bagi kamu penggemar franchise Star Wars pastinya sudah tidak asing lagi dengan karakter yang satu ini. Karakter Jar Jar Binks memiliki sifat yang menyebalkan. Namun dibalik sifatnya yang membuat orang kesal, faktanya karakter film Jar Jar Binks pernah menuai kontroversi di kalangan pencinta film lho.

Masalahnya adalah karakter Jar Jar Binks dinilai rasis bagi orang berkulit hitam. Bukan hanya itu, juga diduga menggambarkan stereotip masyarakat daerah Kepulauan Karibia.

Baca Juga: Rekomendasi Film Horror Bertemakan Halloween Yang Menyeramkan

Akan tetapi, Ahmed Best yang merupakan aktor yang memerankan karakter ini pada Phantom Menace (1999) dan George Lucas selaku sutradara menampik tuduhan tersebut dengan memberikan statement pernyataan masyarakat itu tidak masuk akal.

ARTIKEL TERKAIT •
9 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang Di Indonesia Karena Dinilai Sadis Dan Mengerikan

3. Regan MacNeil (The Exorcist 1973)

Karakter Film Regan Macneil
foto (artstation.com)

The Exorcist adalah salah satu film bergenre horor terbaik sepanjang masa. Namun kesuksesan film ini tercoreng karena karakter Regan MacNeil. Diperankan oleh aktris cilik Linda Blair, dalam film tersebut memerankan seorang gadis berusia 12 tahun yang dirasuki makhluk halus sehabis memainkan papan ouija.

Yang membuat banyak pihak protes adalah karakter ini melakukan adegan-adegan yang sangat creepy. Seperti memutar-mutar kepala, menyiksa tubuh sendiri, dan adegan lainnya yang tak sepantasnya tergambarkan pada sosok anak kecil.

4. Karakter Film Kontroversi Li Shang dan Mushu (Mulan 2020)

Karakter Li Shang Dan Mushu
beberapa sumber

Film bergenre live Action ini sudah menuai sejumlah kontroversi sebelum tayang perdana. Hal ini karena, film yang berjudul Mulan ini tidak menghadirkan dua karakter penting yang sebelumnya ada pada versi animasinya. Pihak studio pun memberikan alasan mengapa karakter Li Shang dan Mushu tidak ikut serta.

Untuk karakter Li Shang, menurut kabar karena kehadiran seorang komandan yang menyukai Mulan tidak tepat dengan gerakan #MeToo. Akan tetapi banyak dari penggemar yang mengatakan bahwa alasan tersebut hanya bualan saja karena tidak ingin menampilkan karakter LGBT pada filmnya.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Rekomendasi Film Horror Stop Motion Yang Wajib Kamu Tonton

Sementara itu, untuk karakter Mushu, Disney menganggap kehadiran sosok naga pada versi live action dirasa tidak realistis. Namun lagi-lagi penggemar memprotes dan mengatakan bahwa pada trailer perdana film Mulan terdapat seorang penyihir yang bisa berubah menjadi elang. Mereka berkata itu lebih tidak realistis.

5. Nadine dan Manu (Baise-moi 2000)

Karakter Film Kontroversi Nadine Dan Manu
foto (sbs.com)

Karakter film yang menuai kontroversi selanjutnya ialah Nadine dan Manu yang merupakan tokoh utama pada film Baise-moi.

Mereka adalah seorang gadis yang sering menerima perlakuan keras. Perjalanan hidup yang mereka lalui sungguh sangat berbahaya. Seperti tidak lepas dari kasus pembunuhan, minum-minuman keras, dan pergaulan bebas.

Baca Juga: 8 Situs Download Subtitle Film Terbaik Dan Terlengkap

Sehingga film ini menuai kontroversi karena karakter Nadine dan Muna. Sosok yang membintangi kedua karakter tersebut adalah seorang binta porno, yaitu Raffa Ia Anderson dan Karen Lancaume.

6. Specter (Onward 2020)

Karakter Film Specter
foto (slate.com)

Specter adalah karakter yang berprofesi sebagai polisi wanita pada film Onward dan Lena Waithe ialah pengisi suara karakter ini. Karakter film ini menuai kontroversi karena pada suatu adegan pada film berkata “enggak mudah menjadi orangtua baru. Putri istri saya sering menarik rambut saya, oke?

ARTIKEL TERKAIT •
Film Yang Paling Ditunggu Bulan Februari 2020

Tentu pernyataan Specter tersebut menasbihkan kalau ia adalah tokoh LGBT. Malahan menjadi tokoh LGBT pertama yang tampil terang-terangan bagi perusahaan Dhisney dan Pixar.

Karena adegan tersebut yang memiliki unsur LGBT-nya, banyak penikmat film yang mencekal penyangan film Onward. Terutama mereka yang tinggal wilayah timur tengah, seperti Kuwait, Qatar, Oman, dan arab Saudi.

7. Ancient One (Doctor Strange 2016)

Karakter Ancient One
foto (indianexpress.com)

Ancient One adalah karakter lain yang mengalami perubahan ras selain karakter Heimdall dan turut menuai kontroversi.

Pada versi komiknya, karakter film ini digambarkan dengan sosok pria tua yang berasal dari ras Asia. Namun setelah diadaptasi dalam bentuk film, karakter ini malah menjadi wanita ras kulit putih atau Caucasian.

Karena itu banyak penikmat film yang menilai perubahan ras karakter Ancient One sengaja pihak studio lakukan sebagai tindakan rasisme Hollywood atau dengan sebutan whitewashing.

8. Karakter Film Kontroversi Genie (Aladdin 2019)

Genie pada Aladdin
foto (wmagazine.com)

Karakter Genie pada film Aladdin banyak mendapat protes karena poster filmnya. Ternyata, penggemar kecewa dengan tampilan Genie pada poster pertama film Aladdin yang tidak ada unsur warna birunya mirip seperti pada versi animasinya.

ARTIKEL TERKAIT •
Setelah Dinar Candy Jual Celana Dalam, Kini Nikita Mirzani Jual Air Kencing dan Tisu Bekasnya Seharga 100 Juta

Namun, Will Smith yang memerankan karakter ini buka suara. Ia mengatakan bahwa pada poster tersebut Genie sedang menyamar sebagai manusia dan pasti akan berubah mirip dengan versi animasinya.

Tidak hanya itu, banyak penggemar menduga pihak studio telah melakukan tindakan rasis dengan mewarnai kulit beberapa karakter Aladdin menjadi kecoklatan supaya mirip dengan warna kulit orang Asia.

Baca Juga: 5 Film Yang Kita Harap Akan Main Pada Masa PSBB Transisi Ini

Nah, itulah tadi gengs beberapa karakter film yang pernah menuai kontroversi. Walaupun beberapa karakter menuai kontroversi karena masalah sepele, namun yang namanya kontroversi ya mau gimana lagi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.