menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comMusik20 Lagu Hit Keren di Dekade 1950

20 Lagu Hit Keren di Dekade 1950

Lagu hit keren di dekade 1950

Berikut adalah 20 lagu hit keren di dekade 1950.

Bisa dikatakan awal kelahiran musik moderen adalah di dekade 1950. Dikatakan demikian karena di dekade inilah genre Rock N’ Roll lahir.

Kelahiran genre Rock N’ Roll sukses merubah total tatanan wajah industri musik hingga detik ini. Tanpa lahirnya genre ini, mungkin perkembangan musik tidak akan dinamis. Alias akan begitu-begitu saja (baca: sound jazzy old-school).

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka tidaklah heran jika di dekade pionir ini, banyak banget rilisan lagu-lagu hit keren nya. Namun dari semua lagu hit keren yang ada, berikut adalah 20 lagu hit keren di dekade 1950 yang keren dan hit nya super duper banget.

20. Lloyd Price – Lawdy Miss Clawdy (1952)

Selain memiliki sound awal R& B yang sangat kental, “Lawdy Miss Clawdy” memiliki lirik yang sangat catchy.

Selain itu gaya bernyanyi terutama pengucapan (phrasing) liriknya yang sangat unik, membuat lagu ini terus diingat di kepala kita.

19. The Five Satins – In The Still of the Night (1956)

Bagi beberapa generasi sekarang, pasti lebih mengingat versi dari kelompok R&B 90an top, Boyz II Men yang dirilis di tahun 1993.

Tapi faktanya, lagu ini adalah lagu milik The Five Satins yang dirilis di tahun 1956. Dan di versi aslinya ini, lagunya lebih mengedepankan genre top kala itu, Doo-Wop. Sehingga lagunya pun terdengar jauh lebih asyik tapi kompleks di saat yang sama.

18. Ritchie Valens – Donna (1958)

Yap kalau kita dengar, lagu ini memiliki kemiripan komposisi musik seperti “In the Still of the Night” nya The Five Satins. Tapi yeah, keduanya adalah dua lagu yang sangat berbeda.

Anyway, “Donna” adalah hit kedua Valens yang sangat booming kala itu dan juga, menjadi salah satu lagu cinta paling baper di masanya.

Sangat disayangkan Valens meninggal dunia 2 bulan setelah perilisan lagunya bersama Buddy Holly dan J.P. Richardson di kecelakaan pesawat tragis. Peristiwa inipun dikenal dengan “ The Day the Music Died”.

17. The Everly Brothers – Bye Bye Love (1957)

Lagu ini merupakan salah satu lagu besar dari duo bersaudara legendaris ini. Walau terdengar riang, sebenarnya lirik dan tema lagu ini, sangat miris dan sedih banget.

Walau demikian, “Bye Bye Love” tetap sukses disukai oleh banyak penikmat musik kala itu.

16. Bill Haley & His Comets – Rock Around the Clock (1955)

Mungkin inilah salah satu lagu awal yang mempopulerkan genre Rock N’ Roll di masanya.

Komposisi musiknya yang sangat cepat nan Rock N’ Roll, gak dipungkiri membuat kita ingin terus Rock N’ Roll hingga pagi lagi.

15. Connie Francis – Stupid Cupid (1958)

Ditulis / dibuat oleh vokalis pria top kala itu, Neil Sedaka, “Stupid Cupid”, sukses menjadi hit Francis yang terkenal hingga detik ini.

Tak heran, “Stupid Cupid” memiliki komposisi yang ramai dan membuat siapapun (bahkan Francis sendiri mengakuinya) langsung dansa girang sampai kedua kaki benar-benar lemas.

14. Helen Forrest – Someone to Watch Over Me (1950)

Bagi kamu yang fanboy rana sinematik superhero Marvel (MCU) apalagi, fanboy seri Agent Carter dulu, pasti pernah mendengar lagu ini.

Yap, lagu ini dijadikan salah satu soundtrack di serinya. Dan gak dipungkiri ketika diputar, lagunya pas banget dengan adegan dan juga, tone dari serinya ini.

Anyway “Someone to Watch Over Me”, aslinya adalah lagu yang dirilis di tahun 1926 yang dibuat oleh komposer top di era-nya, George Gershwin. Dan semenjak itu, lagu ini di-cover oleh banyak musisi termasuk, Helen Forrest ini.

13. Patsy Cline – Walkin’ After Midnight (1957)

WOW! Lagu ini adalah salah satu lagu super hit keren dari dekade 1950. Gak mungkin sih kalau kamu belum pernah mendengar lagunya ini.

Hanya lagu “Crazy” milik Cline sendiri yang dirilis di tahun 1961, yang bisa menyaingi kepopuleran lagu ini. Pokoknya lagu berirama jazzy country ini, ngetop banget deh.

12. Screamin’ Jay Hawkins – I Put a Spell On You (1956)

Kalau kamu merasa aneh bahkan ketawa sendiri ketika mendengar lagu ini, wajar sih. Karena lagu ini emang seru dan gila banget.

Hawkins benar-benar sukses menghidupkan lirik dan tema lagunya yang pada dasarnya, mengisahkan seorang pria yang memantrai wanita yang disukainya sehingga, ia bisa selalu “tersihir” dengannya.

Walau lagu ini terdengar sangat liar, tapi justru keunikannya inilah yang membuat lagunya menjadi begitu klasik hingga detik ini.

11. The Chordettes – Mr. Sandman (1954)

Jauh sebelum ngetop banget dengan “Lolipop” di tahun 1958, adalah lagu pemujaan terhadap sosok pria idaman ini yang membuat nama The Chordettes melambung.

Dan faktor utama yang membuat lagu ini keren banget adalah komposisi lagunya yang unik, lucu dan juga, pembagian choir-nya yang terdengar sangat padu nan harmonik.

10. Patti Page – Tennessee Waltz (1950)

Lagu ini sebenarnya adalah lagu milik Pee Wee King yang dirilis ditahun 1948. Tapi, baru benar-benar booming ketika dinyanyikan oleh Page 2 tahun kemudian.

Dan wajar saja. Versi Page memiliki komposisi balada country old-school yang sangat kental. Pokoknya, terdnegar sangat syahdu dan lembut banget di kedua telinga kita.

9. Little Anthony and the Imperials – Tears on My Pillow (1958)

Walau lagu doo-wop ini enak banget, namun gak dipungkiri “Tears On My Pillow” adalah lagu yang secara lirik, terdengar sangat sakit banget.

Apalagi kalau kita dengerinnya baru putus dengan dia. Waduh dijamin beneran air mata kita jaatuh di bantal atau guling kita.

8. Fats Domino – Blueberry Hill (1956)

Lagu ini terdengar sangat simpel (easy listening). Tapi dengan komposisi musiknya yang keren, alhsil membuat “Blueberry Hill” menjadi salah satu lagu hit keren yang pernah dirilis di dekade 1950.

Dijamin deh ketika mendengarnya, kamu langsung ikutan menyanyikan lagunya ini.

7. Julie London – Cry Me a River (1955)

Walau seperti yang dikatakan di pembuka, genre Rock N’ Roll adalah genre yang mendominasi dekade 50an, namun genre standar Jazz 30an dan 40an, juga masih eksis di dekade ini.

Dan hit London ini adalah bukti nyata dari pernyataan tersebut. Lagu ini pokoknya pas banget deh bagi kamu yang suka sama musik berirama Jazz lembut.

6. The Penguins – Earth Angel (1954)

Kalau kamu pernah atau bahkan fans trilogi film sci-fi hit, Back to the Future, pastinya tahu dengan lagu ini.

Ya lagu inilah yang dimainkan ketika kedua orang rua Marty McFly (Michael J. Fox) berdansa di pesta prom 50an nya. Namun yang di film ini adalah versi cover yang dibuat khusus untuk filmnya.

Versi orisinilnya ya yang dinyanyikan oleh The Penguins ini. Dan sebagai versi aslinya, gak dipungkiri memang, adalah versi ini yang jauh lebih keren hingga detik ini.

5. Elvis Presley – That’s Alright Mama (1954)

Inilah lagu Elvis pertama yang mempopulerkan nama dan sosok si Raja Rock N’ Roll ini. Dan kalau dipikir gokil banget cover dari lagu milik Arthur Crudup ini bisa mempopulerkan Elvis.

Karena lagu ini awalnya dibawakan Elvis dengan gak sengaja banget. Spesifiknya kala itu ketika Elvis dan band-nya sedang istirahat rekaman, Elvis iseng nyanyi-nyani (messing around) lagu ini.

Ketika mendengar messing around ini, salah satu produser studionya meminta Elvis merekam lagu ini. Dan hasil akhirnya tentunya kita sudah tahu jawabannya bukan? “Lumayan banget” untuk sebuah jamming iseng-iseng.

4. Chuck Berry – Johnny B. Goode (1958)

Juga merupakan pionir dari genre Rock n’ Roll yang juga, tampil sebagai soundtrack di film Back to the Future.

Siapa sangka lagu simpel mengenai sosok Johnny yang ingin ngetop sebagai bintang Rock N’ Roll baru ini, bisa begitu booming? Tapi gak heran memang. Karena komposisi lagu ini memang terdengar sangat catchy bahkan ketika pertama kali mendengarnya.

3. Jerry Lee Lewis – Great Balls of Fire (1957)

Tentunya yang membuat nomor Rock N’ Roll ini keren dan hit di dekade 1950an, adalah komposisi musiknya yang keren, liriknya yang sangat ambigu seksual, dan juga gaya bernyanyi Lewis yang sangat gimmicky.

Dijamin siapapun yang mendengar lagu ini, bakalan langsung menirukan  seluruh gaya nyanyi Lewis dan juga, bergoyang dari awal hingga akhir.

2. The Quarrymen – In Spite of All The Danger (1958)

“The Quarrymen? The Beatles ya?” Iya benar banget. Jauh sebelum menggunakan nama The Beatles, John Lennon, Paul McCartney dan George Harrison menggunakan nama ini.

Dan dari semua lagu yang mereka ciptakan dan rilis, hanya lagu ini yang sukses besar. Tapi tak mengapa. Toh “In Spite of all the Danger” memang sangat enak.

Nomor ini menggabungkan elemen blues dan Rock N’ Roll yangs terdengar sangat adiktif dan asyik banget di kedua telinga. Tanpa lagu ini, mungkin The Beatles tidak akan pernah mendominasi musik dunia.

1. Little Richard – Good Golly, Miss Molly (1958)

Yap walau 19 lagu lain di daftar ini adalah juga lagu keren di dekade 1950, tapi tetap nomor milik Richard ini yang bagi gue adalah epitom dari musik 1950an.

Komposisi musik, nyanyian yang penuh energi, dan juga keliaran vokal Richards, benar-benar sukses membuat “Good Golly, Miss Molly, sebagai lagu paling hit dan keren yang pernah dirilis di dekade 1950.

Dari semua lagu keren di dekade 1950 ini, lagu manakah yang kalian sukai?

Add comment